RANCANGAN TEKNIS PERBAIKAN JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN USIA PAKAI BAN DUMP TRUCK DI PT DJAVA BERKAH MINERAL, PETASIA TIMUR, MOROWALI UTARA, SULAWESI TENGAH

THOAT, YUSUF ABYAN SATRIA (2023) RANCANGAN TEKNIS PERBAIKAN JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN USIA PAKAI BAN DUMP TRUCK DI PT DJAVA BERKAH MINERAL, PETASIA TIMUR, MOROWALI UTARA, SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 5. DRAFT.pdf] Text
5. DRAFT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

PT Djava Berkah Mineral (PT DBM) merupakan suatu perusahaan yang
bergerak di bidang penyedia jasa operasi pertambangan atau biasa disebut sebagai
kontraktor tambang, khususnya pada penambangan komoditas nikel laterit. PT
DBM beroperasi di Kecamatan Petasia timur, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi
Sulawesi Tengah pada jobsite PT Bukit Makmur Istindo Nikeltama (PT Bumanik)
dengan sistem penambangan yang diterapkan yaitu mengunakan metode open cast.
Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yang meliputi bagaimana
hubungan kondisi jalan angkut terhadap usia pakai ban dump truck dengan
mengetahui usia pakai ban dump truck dan mengevaluasi kondisi jalan angkut yang
ada pada lokasi penelitian, serta bagaimana upaya perbaikan total resistance pada
jalan angkut untuk meningkatkan usia pakai dari ban pada alat angkut.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tujuan sebagai berikut :
menganalisis hubungan kondisi jalan angkut terhadap usia pakai ban dump truck
dengan mengetahui usia pakai ban dump truck dan melakukan evalusai terhadap
kondisi jalan angkut pada lokasi penelitian, serta mengupayakan perbaikan pada
jalan angkut dan memprediksi usia pakai ban dump truck setelah perbaikan.
Berdasarkan hasil pengambilan dan pengolahan data yang dilakukan pada
bulan November sampai Desember tahun 2022, pada jalan angkut dengan panjang
1069 m diperoleh total resistance sebesar 3164,60 lbs pada unit Quester dan
2484,61 lbs pada unit AXOR. Pada kondisi jalan angkut tersebut juga dilakukan
pengukuran laju keausan ban dump truck dan diperoleh usia pakai ban dump truck
sebesar 511,2 jam pada unit UD Quester CWE 370 dan 409,6 jam pada unit
Mercedes Benz AXOR 2528C. Panjang jalan berubah menjadi 1256 m setelah
disimulasikan perbaikan kondisi jalan angkut. Selain itu, grade jalan maksimal
yang tadinya 22% turun menjadi 10%. Pada kondisi setelah perbaikan, diketahui
total resistance pada kondisi jalan angkut setelah perbaikan sebesar 1460,93 lbs
pada unit Quester dan 1141,02 lbs pada unit AXOR. Pada perhitungan Regresi
Linear Sederhana diperoleh persamaan Y = -0,2284x + 1207,5 dengan Y adalah
usia pakai ban (variabel terikat) dan X adalah total resistance jalan angkut (variabel
bebas) dan memiliki nilai R sebesar -0,88 dan nilai t sebesar 1,66 × 10-9
.
Berdasarkan persamaan tersebut diprediksi usia pakai ban dump truck sebesar 935,2
jam pada unit Quester dan 884,9 jam pada unit AXOR pada kondisi jalan angkut
setelah perbaikan, meningkat rata-rata sebesar 97,67 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:03
Last Modified: 29 Jan 2024 05:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38785

Actions (login required)

View Item View Item