FAISOL, NAUFAL DZIKRIANSYAH (2024) KAJIAN KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN PEMUATAN DAN PENGANGKUTAN BATUGAMPING PT.SEMEN PADANG KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. COVER SKRIPSI_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH.pdf Download (242kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH FAISOL.pdf Download (167kB) |
|
Text
3. ABSTRAK_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH FAISOL.pdf Download (17kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH FAISOL.pdf Download (238kB) |
|
Text
5. DAFTAR PUSTAKA_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH FAISOL.pdf Download (127kB) |
|
Text
6. DRAFT SKRIPSI_112190024_NAUFAL DZIKRIANSYAH FAISOL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT. Semen Padang adalah perusahaan pertambangan milik BUMN yang
bergerak pada industri semen dan pada penambangan batugamping yang berlokasi
diBukit Karang Putih, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota
Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan penambangan di PT. Semen Padang
terdiridaripembongkaran, pemuatanke alat angkut, pengangkutan menuju crusher,
serta dari crusher di angkut menggunakan belt conveyor menuju pabrik
pengolahan. Dalam melaksanakan kegiatan penambangan, terdapat adanya
kecelakaan kerja. Timbulnya kondisi kerja yang tidak aman dan tindakan tidak
aman yang dilakukan pekerja.
Berdasarkan data Kecelakaan kerja tahun 2022 terdapat sembilan kecelakaan
dimana enam dari Sembilan kecelakaan tersebut terjadi pada unit operasional
tambang yang meliputi kegiatan pemuatan dan pengangkutan, kecelakaan tersebut
disebabkan karena tindakan dan kondisi tidak aman.
Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengurangi kemungkinan terjadinya
kecelakaan kerja pada kegiatan pengangkutan dan pemuatan batugamping yang
meliputi identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko
menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assesment.
Berdasarkan hasil identifikasi bahaya pada kegiatan pemuatan dan
pengangkutan batugamping dengan frekuensi penelitian selama 14 hari terdapat
delapan potensi bahaya yang meliputi tiga tindakan tidak aman dan lima kondisi
tidak aman, setelah dilakukan penilaian risiko terdapat lima potensi sedang
(medium risk),tiga potensi tinggi (high risk) dan satu potensi ekstrim (extreme
risk). Dan setelah dilakukan pengendalian risiko didapatkan penurunan tingkat
risiko menjadi tujuh potensi rendah (low risk) dan dua potensi sedang (medium
risk).
Pada perhitungan geometri jalan, pada kegiatan pengangkutan batu gamping
dari front penambangan level VI menuju ke crusher, masih terdapat segmen jalan
yang perlu perbaikan meliputi cross slope sebesar 19,2 sentimeter pada segmen
A-B dan superelevasi sebesar dua meter pada segmen F-G dan satu koma empat
meter meter pada segmen M-N.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kajian keselamatan kerja, penambangan, pengangkutan batu gamping |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:38 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38705 |
Actions (login required)
View Item |