PENERAPAN PERSONAL BRANDING HAKIM SEBAGAI AFFILIATOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Launching Produk Red Jelly Kymm Skin)

AZZAHRA, ANNISA (2024) PENERAPAN PERSONAL BRANDING HAKIM SEBAGAI AFFILIATOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Launching Produk Red Jelly Kymm Skin). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190127_Annisa Azzahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
2. Cover_153190127_Annisa Azzahra.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
3. Abstrak_153190127_Annisa Azzahra.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190127_Annisa Azzahra.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190127_Annisa Azzahra.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190127_Annisa Azzahra.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190127_Annisa Azzahra.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini mengulas penerapan personal branding Hakim sebagai affiliator di
media sosial TikTok, dengan fokus pada studi kasus peluncuran produk Red Jelly
Kymm Skin. Dalam melakukan analisis, peneliti menggunakan strategi retorika
Aristoteles, khususnya ethos (kredibilitas), pathos (emosional), dan logos (logika).
Penerapan konsep personal branding juga digunakan melalui The Eight Laws of
Personal branding oleh Peter Montoya dan Tim Vandehey. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan bahwa kombinasi strategi retorika dan personal branding Hakim
berhasil membangun engagement yang kuat, meningkatkan kredibilitas, dan
mencapai tujuan pemasaran, terbukti dari penjualan habis 5000 pcs Red Jelly pada
peluncuran pertama. Analisis retorika menunjukkan bahwa kredibilitas yang
dibangun Hakim melalui kepercayaan pada produk dapat meningkatkan interaksi,
seperti likes, shares, save, komentar, dan potensi pembelian. Hakim berhasil
menerapkan hukum spesialisasi dengan fokus pada kecantikan dan target market
middle-low, serta kepemimpinan yang terbukti melalui partisipasinya sebagai
narasumber dan kerjasama dengan merek ternama. Hakim juga menonjolkan
kepribadian yang ramah dan dermawan serta keunikan penampilan glowing yang
membedakannya dari affiliator lain. Konsistensi dan ketekunan Hakim di TikTok
mencerminkan penerapan hukum visibility dan persistence.
Kata Kunci: Personal branding, Retorika, Affiliator, Skincare

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Personal branding, Retorika, Affiliator, Skincare
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:55
Last Modified: 12 Jan 2024 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38660

Actions (login required)

View Item View Item