KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN OVERBURDEN DI PIT B TAMBANG BATUBARA PT TATA BARA UTAMA KABUPATEN BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH

ZUHHAD, ZULFIKAR YAHYA (2024) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN OVERBURDEN DI PIT B TAMBANG BATUBARA PT TATA BARA UTAMA KABUPATEN BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PT Tata Bara Utama merupakan kontraktor dari PT Pada Idi yang bergerak di
bidang pertambangan batubara. PT Tata Bara Utama menetapkan terget
produktivitas pengupasan lapisan tanah penutup sebesar 200 BCM/Jam dengan 2
fleet penambangan pada bulan Maret 2023. Produktivitas pada saat dilakukannya
penelitian belum memenuhi target produktivitas yang sudah ditetapkan dengan nilai
165 BCM/Jam dan !47 BCM/Jam untuk fleet 1 dan fleet 2 sehingga berdampak pada
terlambatnya pengambilan batubara.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab target
produksi belum tercapai dan menentukan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan produktivitas di PT Tata Bara Utama. Berdasarkan perhitungan,
produktivitas alat gali muat saat ini belum mencapai target produktivitas yang mana
nilainya untuk fleet 1 sebesar 165 BCM/Jam dan fleet 2 sebesar 147 BCM/Jam. Ini
disebabkan oleh waktu tunggu alat gali muat yang tinggi. Untuk produktivitas alat
angkut kedua fleet belum mencapai target yang mana nilainya untuk untuk fleet 1
sebesar 165 BCM/Jam dan fleet 2 sebesar 147 BCM/Jam.
Berdasarkan hasil penelitian penyebab tidak tercapainya target produktivitas
adalah jalan angkut yang ada amblesan, lebar front area penambangan dan
kecepatan alat angkut yang belum maksimal dengan rata-rata kecepatan muatan 15
Km/Jam dan kecepatan kosong 22 Km/Jam sehingga menyebabkan cycle time alat
angkut menjadi tinggi.
Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target produksi yaitu pelebaran
area front penambangan dan simulasi rimpull untuk meningkatkan kecepatan alat
angkut yang nantinya akan mengoptimalkan cycle time alat angkut. Setelah
perbaikan didapatkan produktivitas alat angkut menjadi 229 BCM/Jam untuk fleet
1 dan 201 BCM/Jam untuk fleet 2.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tambang batu bara, pengupasan lapisan overburden
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:36
Last Modified: 12 Jan 2024 07:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38657

Actions (login required)

View Item View Item