Rasendriya, Salwa (2023) PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION SKINCARE SOMETHINC PADA FOLLOWERS TIKTOK TASYA FARASYA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
SKRIPSI ABSTRAK_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Download (75kB) |
|
Text
SKRIPSI COVER_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Download (153kB) |
|
Text
SKRIPSI DAFTAR ISI_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Download (97kB) |
|
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Download (152kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL TEXT_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI HALAMAN PENGESAHAN_153190072_SALWA RASENDRIYA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Saat ini dunia digital sedang menjadi suatu trend bagi kegiatan marketing, salah
satunya dengan mengandalkan beauty influencer dalam memasarkan produk.
Strategi yang digunakan oleh beauty influencer untuk membuat audiens tertarik
dengan produk yang diulas adalah dengan memberikan ulasan dari suatu brand
dengan persona yang dimiliki kepada audiens mereka. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh ulasan beauty influencer Tasya Farasya dan online
consumer review yang terdapat pada kolom komentar media sosial Tasya Farasya
terhadap minat pembelian produk skincare Somethinc pada media sosial TikTok.
Lebih lengkapnya, penelitian ini menyelidiki bagaimana Elaboration Likelilhood
Model (ELM) dapat menjelaskan pengaruh yang diberikan melalui dua rute yaitu
rute sentral dan periferal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
pengguna media sosial TikTok yang mengikuti akun @tasyafarasya. Sampel dalam
penelitian ini merupakan pengguna media sosial TikTok yang biasa menonton
konten ulasan produk oleh Tasya Farasya dan pernah membeli produk skincare
Somethinc minimal satu kali. Penelitian ini menggunakan software SPSS dengan
jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara beauty influencer dan online consumer
review terhadap purchase intention dengan nilai hitung sebesar 10,883 > f-tabel
3,09. Artinya dengan adanya beauty influencer yang menarik didukung dengan
online consumer review yang positif, akan meningkatkan kepercayaan dan
purchase intention terhadap produk skincare Somethinc.
Kata kunci: beauty influencer, online consumer review, elaboration likelikhood
model, purchase intention
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | beauty influencer, online consumer review, elaboration likelikhood model, purchase intention |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38507 |
Actions (login required)
View Item |