POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN DALAM PENERAPAN VISI DAN MISI (Studi Deskriptif Kualitatif Pentjipta Creative Communication)

Yudiprasetyo, Aurellio (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN DALAM PENERAPAN VISI DAN MISI (Studi Deskriptif Kualitatif Pentjipta Creative Communication). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
2. Cover_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
3. Abstrak_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190132_Aurellio Yudiprasetyo.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi antara
pimpinan dan karyawan dalam penerapan visi dan misi. Selain itu penelitian ini
bertujuan juga untuk mengetahui hambatan komunikasi organisasi di Pentjipta
Creative Communication. Penelitian ini menggunakan Teori Kebutuhan
Interpersonal sebagai kerangka teoritis untuk melihat aspek inklusi, kontrol, dan
afeksi yang dimiliki setiap individu dalam creative agency Pentjipta Creative
Communication. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
studi kasus dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi
pustaka, dan analisa dokumen. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan pada creative agency
Pentjipta Creative Communication adalah menggunakan pola komunikasi bintang
atau menyeluruh. Pola komunikasi bintang atau menyeluruh didapatkan dari hasil
penelitian dan pengamatan lapangan, yang dimana pola ini tidak memiliki peran
pemimpin yang diartikan dengan pimpinan tidak menginginkan adanya panggilan
khusus. Selain itu pola ini menjelaskan bahwa seseorang dapat mengambil alih
kepemimpinan yang diartikan bahwa, seorang pemimpin dapat mengambil alih
kepemimpinan guna mengambil sebuah keputusan atas hasil diskusi bersama.
Penelitian ini memberikan pandangan terkait teori kebutuhan hubungan
interpersonal bahwa aspek-aspek kebutuhan antarpribadi seperti inklusi, kontrol,
dan afeksi yang terpenuhi, akan menciptakan hubungan interaksi antar setiap
individu dalam organisasi.
Kata kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Hambatan Komunikasi Organisasi,
Teori Kebutuhan Hubungan Interpersonal, Pentjipta Creative Communication

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Organisasi, Hambatan Komunikasi Organisasi, Teori Kebutuhan Hubungan Interpersonal, Pentjipta Creative Communication
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:07
Last Modified: 02 Jan 2024 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38504

Actions (login required)

View Item View Item