HASTININGRUM, ASTRI (2023) PENGARUH ELECTRONIC-WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA TIKTOK DI YOGYAKARTA DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI : STUDI PRODUK SKINTIFIC. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153190139_Astri Hastiningrum (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_153190139_Astri Hastiningrum.pdf Download (157kB) |
|
Text
3. Abstrak_153190139_Astri Hastiningrum.pdf Download (152kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan_153190139_Astri Hastiningrum.pdf Download (96kB) |
|
Text
5. Daftar isi_153190139_Astri Hastiningrum.pdf Download (203kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153190139_Astri Hastiningrum.pdf Download (163kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang terjadi menjadi salah satu peluang strategi dalam
pemasaran oleh para pelaku bisnis. Salah satu strategi yang terbentuk adalah E-WOM atau electronic word of mouth. Wujud dari E-WOM adalah pernyataan,
ulasan, komentar baik lisan maupun tulisan secara online. Salah satu yang
menerapkan strategi ini ialah Skintific. Skintific melakukan startegi E-WOM salah
satunya pada platform TikTok, dimana Skintific mendapatkan omset tertinggi di
Indonesia untuk produk skincare dan make up. Penelitian ini bertujuan menjelaskan
hubungan electronic-word of mouth terhadap minat beli baik sebelum maupun
sesudah dimoderasi oleh brand trust pada studi produk Skintific di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan rumus Cochran
dengan sampel sebanyak 385 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan analisis PLS-SEM terdiri dari dua komponen
pengujian yaitu model pengukuran atau outer model dan model struktural atau
inner model, ditambah menggunakan SPSS untuk mengukur uji korelasinya.
Diperoleh nilai uji hipotesis sebelum dimoderasi original sample 0,221, t–statistik
1,984 > 1,96, dan nilai p – value sebesar 0,048 < 0.05, setelah dimoderasi nilai
original sampel 0,182, t-statistik ,200 > 1,96, dan nilai p – value sebesar 0,001 <
0.05. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh signnifikan dari variabel
E-WOM dan brand trust terhadap minat beli. Berdasarkan analisis terbukti bahwa
brand trust mampu memoderasi hubungan antara electronic word of mouth
terhadap minat beli.
Kata Kunci : E-WOM, brand trust, minat beli, Skintific
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-WOM, brand trust, minat beli, Skintific |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 08:46 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 08:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38434 |
Actions (login required)
View Item |