KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG MENUJU DISPOSAL PANORAMA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT MITRA MULTI INDOMINING JOBSITE PT BUKIT BAIDURI ENERGI, KUTAI KERTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

NASHRULLAH, RIFAT ZAIN (2023) KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG MENUJU DISPOSAL PANORAMA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT MITRA MULTI INDOMINING JOBSITE PT BUKIT BAIDURI ENERGI, KUTAI KERTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_RIFAT.pdf] Text
ABSTRAK_RIFAT.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_RIFAT.pdf] Text
COVER SKRIPSI_RIFAT.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_RIFAT.pdf] Text
DAFTAR ISI_RIFAT.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_RIFAT.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_RIFAT.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_RIFAT.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_RIFAT.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DRAFT_RIFAT.pdf] Text
SKRIPSI FULL DRAFT_RIFAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Mitra Multi Indomining merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang pertambangan batubara, dengan lokasi penambangan yang terletak di
daerah Kutai Tenggara, Tenggarong, Samarinda, Kalimantan Timur. Kondisi jalan
angkut pada lokasi peneletian saat ini, belum sesuai dengan spesifikasi alat angkut
terbesar yang akan melintas pada jalan angkut tersebut yaitu dump truck SANY SKT
80 S yang menyebabkan terdapatnya kekurangan kondisi jalan seperti lebar jalan
yang belum memenuhi. Selain hal itu juga terdapat permasalahan geometri jalan
yang lain seperti grade jalan yang terlalu tinggi, tanggul yang belum sesuai dengan
standar, membuat jalan tersebut memiliki potensi bahaya. Hal tersebut juga dapat
mempengaruhi kelancaran dan kenyamanan dalam operasi pengangkutan, serta
yang paling penting adalah dapat menimbulkan resiko insiden yang lebih besar
dibandingkan jalan dengan kondisi jalan aman.
Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja, maka perlu
dilakukan manajemen risiko pada kegiatan pengangkutan overburden untuk
mengurangi atau menghilangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja yaitu
dengan melakukan identifikasi potensi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian
risiko menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assessment.
Berdasarkan hasil identifikasi bahaya pada kegiatan pengangkutan overburden
terdapat 16 potensi bahaya yang terdiri atas kondisi tidak aman dan tindakan tidak
aman. Kemudian dilakukan penilaian risiko yang mana diperoleh hasil berupa 2
risiko tingkat extreme, 7 risiko tingkat high, 4 risiko tingkat medium, dan 2 risiko
tingkat low. Setelah dilakukan pengendalian risiko, tingkat risiko turun menjadi 0
risiko tingkat critical, 0 risiko tingkat high, 0 risiko tingkat medium, 16 risiko
tingkat low.
Dari hasil penelitian, diperlukan adanya evaluasi geometri jalan pada
kegiatan pengangkutan overburden didapatkan hasil lebar jalan minimum adalah
12 m dan tikungan 15 m. Dari hasil evaluasi geometri jalan masih terdapat segmen
jalan yang memerlukan perbaikan pada lebar jalan, kemiringan jalan (grade), cross
slope, radius tikungan, superelevasi, dan tinggi tanggul pengaman (safety berm).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disposal Panorama, evaluasi geometri jalan
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:09
Last Modified: 28 Dec 2023 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38420

Actions (login required)

View Item View Item