KAJIAN PRODUKTIVITAS PC 2000 DAN HD 785 PADA PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT SENTUK, PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE MHU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

FIRDAUS, MUHAMMAD RIZKY (2023) KAJIAN PRODUKTIVITAS PC 2000 DAN HD 785 PADA PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT SENTUK, PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE MHU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Draft Skripsi_Muhammad Rizky Firdaus.pdf] Text
Draft Skripsi_Muhammad Rizky Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of RINGKASAN.pdf] Text
RINGKASAN.pdf

Download (45kB)

Abstract

RINGKASAN
PT Antareja Mahada Makmur memiliki lima bidang fokus kegiatan yaitu
pengupasan tanah penutup (Overburden Removal), pengupasan lumpur (Mud
Removal), penambangan batubara (Coal Getting), pengangkutan batubara (Coal
Hauling), dan pemeliharaan jalan (Road Maintenance). Metode penambangan yang
dilakukan oleh PT Antareja Mahda Makmur jobsite PT Multi Harapan Utama
adalah tambang terbuka dengan metode open pit.
Kegiatan pengupasan tanah penutup (Overburden Removal) pada Pit Sentuk
dilakukan oleh alat muat PC 2000 dan alat angkut HD 785. Alat muat PC 2000 yang
memiliki target produktivitas 820 BCM/jam. Sedangkan produktivitas aktual
mencapai 834,27 BCM/jam dan melampaui target. Namun, alat muat PC 2000
memiliki efisiensi kerja aktual yang sudah melebihi dari target yakni 92 persen.
Alat angkut HD 785 dengan jarak pengangkutan sebesar 3,9 km memiliki target
produktivitas sebesar 110 BCM per jam. Namun produktivitas aktual alat angkut
HD 785 hanya mencapai 90,38 BCM per jam dan belum memenuhi target
produktivitas. Faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas alat angkut
adalah jumlah passing yang kurang optimal dengan kapasitas vessel alat angkut,
terdapat grade jalan yang melebihi standar perusahaan 8 persen, efisiensi kerja alat
muat yang rendah karena delay time, waktu edar alat angkut yang tidak sesuai
disebabkan kecepatan rata-rata alat angkut tidak sesuai target yaitu 25,55 km per
jam, terdapat beberapa segmen jalan yang masih belum memenuhi lebar dari
ketetapan perusahaan, dan simpangan yang menyebabkan alat angkut antri.
Upaya peningkatan produktivitas kerja alat muat dan produktivitas alat
angkut dilakukan dengan melakukan penambahan passing dari 4 menjadi 5 pada
satu alat angkut, perbaikan grade jalan angkut yang melebihi 8 persen pada segmen
D-E, L-M, dan M-N sehingga meningkatkan kecepatan rata-rata kombinasi dari
25,55 km per jam menjadi 26,5 km per jam, serta mengurangi waktu hambatan
efisiensi kerja pada alat muat berupa delay time dan pada alat angkut berupa
papasan dan simpangan. Setelah dilakukan upaya perbaikan, efisiensi kerja alat
muat dan produktivitas alat muat meningkat menjadi 93,33 persen dan 846,36 BCM
per jam, sedangkan efisiensi kerja alat angkut meningkat menjadi 90,33 persen dan
produktivitas alat angkut meningkat menjadi 126,81 BCM per jam.
SUMMARY
PT Antareja Mahada Makmur has five areas of focus in its activities which
includes Overburden Removal, Mud Removal, Coal Getting, Coal Hauling, and
Road Maintenance. The mining method used by PT Antareja Mahada Makmur at
the PT Multi Harapan Utama jobsite is open-pit mining.
The Overburden Removal activity at Pit Sentuk was carried out by the PC
2000 and the HD 785. The PC 2000 has a target productivity of 820 BCM per hour.
However, the actual productivity has reached 834.27 BCM per hour, surpassing
the target. The PC 2000 has an actual work efficiency that exceeds the target,
reaching 92 percent. The HD 785, with a hauling distance of 3.9 km, has a target
productivity of 110 BCM per hour. However, the actual productivity of the HD 785
was only 90.38 BCM per hour, falling short of the productivity target. The reasons
for not achieving the HD 785’s productivity target include suboptimal passing
frequency given the HD 785’s vessel capacity, road grades exceeding the
company's standard of 8 percent, low work efficiency of the HD 785 due to delays,
incorrect hauler circulation time due to an average speed didn’t met the target of
25.5 km per hour, some road segments didn’t met the company's width standards,
and congestion causing HD 785 queues.
Efforts to increase the productivity of the PC 2000 and the HD 785 were
made by increasing the number of passings from 4 to 5 on one HD 785, improving
the road grade on segments D-E, L-M, and M-N to 8 percent, thus increasing the
average speed from 25.55 km per hour to 26.5 km per hour, and reducing the work
efficiency hindrance time for the PC 2000, including delay time, and for the HD
785, including overtaking and congestion. After this improvement, the work
efficiency & productivity of the PC 2000 increased to 93.33 percent and 846.36
BCM per hour. Meanwhile, the work efficiency & productivity of the HD 785
increased to 90.33 percent and 126.81 BCM per hour.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:39
Last Modified: 14 Dec 2023 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38345

Actions (login required)

View Item View Item