Nugraha, Fariz Faiz (2023) PENGARUH DIGITAL MARKERTING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI TOKOPEDIA (Studi kasus Pada Mahasiswa Aktif Pengguna Tokopedia di Provinsi DIY). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
ABSTRAK_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Download (124kB) |
|
Text
COVER_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Download (131kB) |
|
Text
FULLTEXT SKRIPSI_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PENGESAHAN_FARIZ FAIZ NUGRAHA_152190102.pdf Download (249kB) |
Abstract
viii
ABSTRAK
Fariz Faiz Nugraha, Nomor Induk Mahasiswa 152190102, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Digital Marketing dan Persepsi
Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada Mahasiswa Aktif Pengguna
Tokopedia di Provinsi DIY)”. Pembimbing I Bapak Susanta dan Pembimbing II Bapak
Indro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh “Pengaruh
Digital Marketing dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus
Pada Mahasiswa Aktif Pengguna Tokopedia di Provinsi DIY). Penelitian ini
merupakan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa aktif yang berada di Provinsi DIY yang pernah melakukan pembelian di
Tokopedia setidaknya dua kali yang belum diketahui secara pasti. Ukuran sampel
penelitian ini adalah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing
berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,
variabel Persepsi Harga berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, variabel Digital Marketing dan Persepsi Harga memiliki
pengaruh secara simultan yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian, Tokopedia kurang komunikatif dengan
konsumen, maka dari itu Tokopedia bisa mengadakan Live melalui Tokopedia agar
lebih bisa interaktif dengan konsumen, dan Website Tokopedia masih ada yang kurang
menurut konsumen, maka dari itu Tokopedia perlu memperhatikan lagi kritik yang
diberikan konsumen mengenai webnya dan melakukan perbaikan agar konsumen
merasa puas atas kinerja web dari tokopedia tersebut. Tokopedia juga terdapat
kekurangan yaitu kurangnya promosi mengenai produk yang ditawarkan di web
Tokopedia, dikarenakan sebenarnya banyak produk yang harganya dapat dijangkau
oleh konsumen. Promosi tersebut dapat dilakukan dengan menunjukkan item barang
yang termurah dahulu ketika konsumen melakukan pencarian barang yang akan di beli
di Web Tokopedia. Selain itu untuk meningkatkan kepercayaan pada penjual atau
penyalur di Tokopedia dapat menggandeng beberapa jasa ekspedisi yang sudah
memiliki kredibilas yang baik dan sangat terpercaya di kalangan masyarakat untuk
melakukan kerjasama dalam hal pengiriman.
Kata Kunci : Digital Marketing, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:09 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38190 |
Actions (login required)
View Item |