Anjelita, Vidyadari (2023) STRATEGI PERSONAL SELLING TIKTOK AFFILIATOR TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PRODUK SKINCARE MELALUI LIVE TIKTOK (Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Maharajasp8). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI_VIDYADARI ANJELITA_153190001.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK_153190001_VIDYADARI ANJELITA.pdf Download (54kB) |
|
Text
3. COVER_153190001_VIDYADARI ANJELITA.pdf Download (132kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_153190001_VIDYADARI ANJELITA.pdf Download (121kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI_153190001_VIDYADARI ANJELITA.pdf Download (120kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_153190001_VIDYADARI ANJELITA.pdf Download (38kB) |
Abstract
TikTok saat ini bukan hanya sebagai media hiburan, namun telah
berkembang menjadi social commerce, di mana TikTok juga sebagai tempat untuk
berbelanja online. Salah satu fitur yang mendukung berbelanja online adalah Live
TikTok. Putu Maharaja merupakan TikTok affiliator yang berfokus pada
pemasaran produk-produk skincare melalui Live TikTok. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi personal selling TikTok affiliator Putu Maharaja
terhadap impulsive buying behaviour produk skincare melalui Live TikTok.
Penelitian ini menggunakan model Goals-Plans-Action (GPA), konsep Personal
Selling dan konsep Impulsive Buying Behaviour. Metode penelitian menggunakan
kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi personal selling yang dilakukan Maharaja dapat membuat seseorang
melakukan impulsive buying. Berdasarkan hasil penelitian ini, tindakan impulsive
buying yang dilakukan oleh para audience Maharaja merujuk kepada planned
impulsive buying dan suggestion impulsive buying. Hal ini disebabkan oleh strategi
yang Maharaja lakukan, seperti membuat personal branding, melakukan live
shopping, serta memberikan review secara langsung pada saat live TikTok.
Maharaja juga membangun hubungan baik dengan audiens melalui komentar�komentar audiens yang ia balas di video maupun live TikTok. Hal tersebut menjadi
faktor penting dalam melakukan personal selling, tidak hanya itu Maharaja
menerima konsultasi mengenai permasalah kulit. Penelitian ini juga menunjukkan
bahwa review yang dilakukan oleh Maharaja merupakan sebuah review jujur yang
dikemas dengan konsep story telling serta menggunakan gaya bahasa hiperbola,
persuasif dan menghibur. Dengan semua strategi personal selling yang Maharaja
lakukan berhasil membuat audiens melakukan pembelian secara impulsif.
Kata Kunci: Personal Selling, Impulsive Buying Behaviour, TikTok Affiliator,
Live TikTok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Selling, Impulsive Buying Behaviour, TikTok Affiliator, Live TikTok |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38046 |
Actions (login required)
View Item |