OKTAVIA, ANINDITA KHUSNUL (2023) EVALUASI KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN MODEL HOT-FIT (Studi Kasus PKU Muhammadiyah Bantul). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. Abstrak_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Download (784kB) |
|
Text
5. Daftar isi_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Download (533kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124190019_Anindita Khusnul Oktavia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rumah sakit menjadi fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia yang diharapkan
dapat menyediakan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat (Saputra,
2016). Undang-Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit menyebutkan bahwa
setiap rumah sakit diwajibkan untuk mendata dan melaporkan seluruh kegiatan rumah sakit
menggunakan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS). Sejak tahun 2017, RS
PKU Muhammadiyah Bantul telah menerapkan SIMRS berbasis web di semua unit baik
yang melakukan pelayanan langsung kepada pasien seperti rekam medis, perawat, dokter,
farmasi, laboratorium, radiologi hingga penyediaan sarana prasarana. Menurut hasil studi
pendahuluan pada bulan Juni 2023 diketahui bahwa dalam implementasi SIMRS di RS
PKU Muhammadiyah Bantul masih ditemui beberapa kekurangan dan kendala yang
menyebabkan tidak terpenuhinya standar pelayanan minimum pendaftaran yang
menyebabkan waktu tunggu pasien menjadi lebih lama sehingga dapat mengakibatkan
menurunya kepuasan pasien. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana manfaat yang
dirasakan oleh pengguna dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat serta
pendukung efektivitas dan kesuksesan sistem informasi.
Penelitian ini mengadopsi model yang dibangun oleh Yusof 2006, variabel eksogen
dalam penelitian ini meliputi kualitas sistem (system quality), kualitas informasi
(information quality), kualitas layanan (service quality) penggunaan sistem (system use),
kepuasan pengguna (user satisfaction), lingkungan organisasi (environment) dan struktur
(structure) kemudian variabel endogen yaitu manfaat (net benefit). Data yang digunakan
dalam pengolahan data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dibangun dari 37 item
pertanyaan disebarkan melalui google form serta kuesioner angket, didapatkan 141
responden. Data responden diolah menggunakan SmartPLS untuk analisis deskriptif terkait
demografi jawaban responden, dan analisis statistik terkait uji validitas, uji reliabilitas dan
uji hipotesis.
Hasil penelitian ini terdapat lima dari dua belas hipotesis diterima. Dikarenakan
masih ada hipotesis yang ditolak berarti masih terdapat variabel yang tidak memberikan
pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel lainnya. Hal tersebut memberikan
kesimpulan bahwa penerapan layanan SIMRS di PKU Muhammadiyah Bantul belum
sepenuhnya berhasil/sukses. Variabel-variabel tersebut yaitu variable environment,
information quality, service quality, system quality, system use, dan user satisfaction . Penelitian
ini memberikan rekomendasi perbaikan terdapat ke-tujuh variabel tersebut yang
diharapkan mampu menjadi dasar evaluasi untuk perbaikan layanan SIMRS di PKU
Muhammadiyah Bantul agar bisa lebih baik untuk membantu pegawai dalam penyelesaian
pekerjaannya.
Kata Kunci : SIMRS, PKU Muhammadiyah Bantul, Evaluasi Kesuksesan, HOT-Fit, SEM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIMRS, PKU Muhammadiyah Bantul, Evaluasi Kesuksesan, HOT-Fit, SEM |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 07:49 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:07 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37531 |
Actions (login required)
View Item |