PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (STUDI KASUSAMDK “AYO” TIRTAMARTA)

MAHARANI, NADIA NISYA BUDI (2023) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (STUDI KASUSAMDK “AYO” TIRTAMARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_ABSTRAK.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_COVER.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_COVER.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_DAFTAR ISI.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_FULL SKRIPSI.pdf] Text
NADIA NISYA BUDI MAHARANI_122190028_FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Yogyakarta merupakan
salah satu perusahaan milik daerah yang bertanggung jawab untuk menyediakan
layanan air minum bagi masyarakat Yogyakarta. Pada tahun 2021, PDAM
Tirtamarta meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bernama
“Ayo” Tirtamarta. Selama dua tahun produksi AMDK “Ayo” Tirtamarta,
perkembangan penjualannya dinilai naik turun. Terdapat target penjualan yang
harus dicapai. Dengan ditentukan strategi pemasaran yang tepat dapat memudahkan
perusahaan untuk mencapai targetnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dan meberikan
usulan strategi pemasaran yang tepat untuk produk “Ayo” Tirtamarta.
Penelitian ini menggunakan metode Strength Weakness Opportunity
Threats(SWOT) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). SWOT adalah alat yang
digunakan untuk menyusun faktor internal dan eksternal perusahaan. Dengan
memanfaatkan matriks atau diagram analisis SWOT, akan tergambar dengan jelas
bagaimana ancaman dan peluang dapat disesuaikan dengan kekuatan dan
kelemahan yang dimiliki oleh suatu entitas. AHP merupakan metode analisis dan
sintesis yang mendukung proses pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategi dalam matriks
didasarkan pada total nilai bobot matriks IFE yang ditetapkan pada sumbu X dan
total nilai matriks EFE pada sumbu Y. Total nilai matriks IFE adalah 1,18 dan nilai
matriks EFE adalah 0,65, sehingga koordinat diagram SWOT berada pada kuadran
1 (Growth). Berdasarkan hasil dari matriks SWOT, terdapat 12 strategi yang
diidentifikasi. Pada Tahap akhir penelitian, strategi yang dipilih untuk diterapkan
di AMDK "Ayo" Tirtamarta dipilih menggunakan metode AHP. Hasil dari proses
ini menunjukkan bahwa strategi yang terpilih adalah berinovasi, mengembangkan,
dan meningkatkan kualitas produk.
Kata kunci: IFE, EFE, SWOT, AHP.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: IFE, EFE, SWOT, AHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:32
Last Modified: 12 Sep 2023 08:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37470

Actions (login required)

View Item View Item