KARTIKA, KARTIKA (2012) KEPENTINGAN AUSTRALIA DALAM PROGRAM KERJASAMA AUSAI D-INDONESIA DI BIDANG PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2006-2010. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
Abstract
Penelitian mengambil rentang waktu dari tahun 2006
hingga tahun 2010. Tahun 2006 dipilih karena mulai
adanya program khusus dari AusAID untuk mengembangk
an
mutu pendidikan dasar. Tahun 2010 ditetapkan karena
merupakan tahun berakhirnya program kerjasama
pembangunan pendidikan dasar. Penelitian ini dilaku
kan
dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskript
if,
artinya penelitian ini akan melihat secara mendalam
bagaimana pelaksanaan kerjasama pendidikan antara
kedua negara dan implikasinya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kepentingan Australia da
lam
kerjasama Indonesia dengan AUSAID dalam bidang
pendidikan dasar tahun 2006-2010. Hasil penelitian
ini
diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan inform
asi
tentang seberapa besar kepentingan Australia di bal
ik
bantuan-bantuan kepada Indonesia.
Australia merupakan negara maju yang selalu
memberikan bantuan pendidikan kepada negara-negara
berkembang. Berbagai bantuan dijalankan melalui Aus
AID
(Australian Agency for International Development).
AusAID memiliki banyak program bantuan, salah satun
ya
adalah program bantuan pendidikan dasar yang
dijalankan melalui
The Australia Indonesia Basic
Education Program
(AIBEP) yang dijalankan mulai tahun
2006. Sampai saat ini Indonesia menghadapi dua
hambatan utama dalam usaha meningkatkan kualitas di
bidang pendidikan. Pertama, kekurangan biaya dan
perlengkapan yang bernilai materi dan bisa dibeli
dengan uang. Kedua, hambatan-hambatan yang bukan
material sifatnya. Untuk itu Indonesia bekerjasama
dengan Australia dalam mengatasi hambatan tersebut.
Pemberian bantuan melalui AusAID pasti ada imbal
baliknya, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosia
l
atau lainnya sehingga pemberian bantuan pasti
memberikan implikasi tidak hanya bagi Indonesia tet
api
juga bagi pencapaian kepentingan Australia.
Kepentingan Australia melakukan kerjasama dengan
2
pemerintah Indonesia adalah untuk mencapai kepentin
gan
politik dan kepentingan sosial. Secara politik
Australia berkepentingan menjaga stabilitas keamana
n
serta mencegah terjadinya konflik. Secara sosial,
terjadi proses adaptasi sosial dan budaya oleh
masyarakat Indonesia sehingga merasa dekat secara
sosial dengan Australia sekaligus mempererat kemitr
aan
antara kedua negara.
Bantuan AusAID tidak hanya untuk sekolah-sekolah
umum saja tetapi termasuk sekolah-sekolah Islam
seperti pembangunan madarasah termasuk pelatihan un
tuk
para gurunya. Australia juga terlibat dalam
mendampingi BNSP (Badan Standarisasi Nasional
pendidikan) dan membantu membuat laporan tentang
kualitas pendidikan di Indonesia. Kuatnya dukungan
Australia diakui atau tidak mencerminkan besarnya
kepentingan Australia terhadap Indonesia dengan iku
t
menentukan kualitas guru, standarisasi mutu pendidi
kan
dan lainnya. Hal itu untuk menjaga stabilitas
Indonesia agar tetap terjalin hubungan yang
berkelanjutan sehingga Australia dapat mengambil
manfaat dari stabilitas politik dalam negeri
Indonesia. Cara yang ditempuh untuk mempertahankan
kepentingannya yaitu memperkuat kerjasama dengan ca
ra
memelihara agar Indonesia tetap sebagai pasar
Australia dalam meningkatkan kerjasama di berbagai
bidang. Pendekatan secara sosial dan budaya melalui
jalur pendidikan termasuk pendidikan dasar merupaka
n
pendekatan yang cukup sistematis dan luas. Secara
sistematis karena bantuan pendidikan mencakup sebag
ai
suatu sistem. Secara luas karena pendekatan melalui
pendidikan dasar menyentuh warga negara Indonesia
secara luas. Pendekatan ini juga membangun citra ba
hwa
hubungan kedua negara cukup dekat dan meningkatkan
kemitraan antara kedua negara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | J Political Science > JZ International relations |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 01:42 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 01:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |