TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER JALUR HARGA ASET DAN NILAI TUKAR DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (2017 M.1 – 2021 M.12)

Kurniawan, Arvin (2023) TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER JALUR HARGA ASET DAN NILAI TUKAR DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (2017 M.1 – 2021 M.12). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Penguji.pdf] Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Skripsi_ Arvin Kurniawan _143190080.pdf] Text
Skripsi_ Arvin Kurniawan _143190080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berkaitan dengan transmisi kebijakan moneter terhadap sasaran pertumbuhan ekonomi telah banyak dilakukan. Namun, penelitian tentang transmisi kebijakan moneter dengan memasukan imbal hasil obligasi sebagai salah satu jalur yang belum pernah dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis efektivitas dari transmisi kebijakan moneter melalui imbal hasil obligasi jika dibandingkan dengan transmisi kebijakan moneter melalui jalur harga aset dan jalur nilai tukar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Bursa Efek Indonesia (BEI), Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI) Bank Indonesia, dan situs web investing.com. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Autoregression (VAR). Berdasarkan hasil penelitian jalur transmisi kebijakan moneter yang relatif efektif adalah jalur harga aset saham. Hal tersebut, karena variabel dalam jalur harga aset saham hanya membutuhkan waktu 1 bulan dalam merespon secara permanen kebijakan moneter, namun kontribusi antar variabel masih rendah. Pada jalur imbal hasil obligasi dan nilai tukar respon yang ditunjukan hanya bersifat sementara dan kontribusi antar variabel masih lemah, sehingga kedua jalur tersebut tidak efektif dalam mentransmisikan kebijakan moneter dengan sasaran pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Kata kunci : IHSG, Imbal hasil obligasi, Nilai tukar, Pertumbuhan ekonomi, Transmisi kebijakn moneter

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IHSG, Imbal hasil obligasi, Nilai tukar, Pertumbuhan ekonomi, Transmisi kebijakn moneter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:17
Last Modified: 01 Sep 2023 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37316

Actions (login required)

View Item View Item