ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK FUSO 220 PS PADA PENAMBANGAN ANDESIT PT. MUSIKA PURBANTARA UTAMA KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

ZAKARIA, KIKI (2021) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK FUSO 220 PS PADA PENAMBANGAN ANDESIT PT. MUSIKA PURBANTARA UTAMA KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL-1.pdf] Text
JUDUL-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PENGESAHAN-1.pdf] Text
PENGESAHAN-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of RINGKASAN.pdf] Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI-3.pdf] Text
DAFTAR ISI-3.pdf

Download (986kB)
[thumbnail of Skripsi (Full) kiki zakaria 112160169.pdf] Text
Skripsi (Full) kiki zakaria 112160169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Musika Purbantara Utama (MPU) merupakan perusahaan yang
bergerak pada bidang pertambangan andesit. Lokasi penelitian berada pada
Quarry PT. Musika Purbantara Utama, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin,
Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan penambangannya PT.
Musika Purbantara Utama menerapkan sistem tambang terbuka dengan metode
quarry. Kegiatan pembongkaran dilakukan menggunakan peledakan, proses
pemuatan dan pengangkutan dilakukan dengan menggunakan kombinasi alat gali
dan muat Excavator Caterpilar 330D2L dan alat angkut Mitsubishi Fuso 220 PS.
Lokasi penelitian dilakukan dari front kerja, jalan, sampai ke hopper.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, terdapat geometri jalan angkut yang
tidak sesuai dengan standar diantaranya; terdapat beberapa segmen jalan angkut
yang memiliki lebar jalan minimum kurang dan kemiringan jalan melebihi 8%.
Selain itu, masih terdapat amblasan jalan yang melebihi dari 5cm (high severity).
Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi bertambahnya konsumsi bahan bakar
ialah; percepatan, RPM, beban kerja, dan brake horsepower mesin.
Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh kondisi jalan angkut
terhadap konsumsi bahan bakar alat angkut. Setelah dilakukan perhitungan,
diketahui bahwa perbaikan rolling resistance dan grade resistance dapat
mengurangi konsumsi bahan bakar alat angkut sebesar 15,98% pada setiap jam
nya. Perhitungan teori konsumsi bahan bakar dilakukan menggunakan dua metode
yaitu berdasarkan rimpul dan RPM. Diketahui bahwa konsumsi bahan bakar alat
angkut berdasarkan perhitungan rimpul ialah 12,58 liter/jam, sedangkan
berdasarkan RPM ialah 9,49liter/jam. Berdasarkan data dari perusahaan diketahui
bahwa konsumsi bahan bakar aktual alat angkut ialah 12,15 liter/jam dengan
produktivitas alat angkut sebesar 17,47 BCM/jam, maka diketahui rasio bahan
bakar aktual alat angkut ialah 0,695 liter/BCM.
Setelah dilakukan perbaikan efisiensi kerja dan perbaikan pada geometri
jalan terdiri dari pelebaran jalan angkut dan kemiringan jalan angkut ≤8% serta
amblasan jalan angkut ≤5cm atau berada pada medium severity akan menurunkan
konsumsi bahan bakar dan meingkatkan produktivitas alat angkut. Berdasarkan
perhitungan dengan rekomendasi tersebut, konsumsi bahan bakar menggunakan
perhitungan rimpul yaitu; 10,57 liter/jam sedangkan rasio bahan bakar menjadi
0,273 liter/BCM.

Kata Kunci: Perbaikan efisiensi kerja, pelebaran jalan angkut, rolling resistance,
grade resistance, rpm, produktivitas, konsumsi bahan bakar dan
rasio bahan bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PT. Musika Purbantara Utama (MPU) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan andesit. Lokasi penelitian berada pada Quarry PT. Musika Purbantara Utama, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan penambangannya PT. Musika Purbantara Utama menerapkan sistem tambang terbuka dengan metode quarry. Kegiatan pembongkaran dilakukan menggunakan peledakan, proses pemuatan dan pengangkutan dilakukan dengan menggunakan kombinasi alat gali dan muat Excavator Caterpilar 330D2L dan alat angkut Mitsubishi Fuso 220 PS. Lokasi penelitian dilakukan dari front kerja, jalan, sampai ke hopper. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, terdapat geometri jalan angkut yang tidak sesuai dengan standar diantaranya; terdapat beberapa segmen jalan angkut yang memiliki lebar jalan minimum kurang dan kemiringan jalan melebihi 8%. Selain itu, masih terdapat amblasan jalan yang melebihi dari 5cm (high severity). Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi bertambahnya konsumsi bahan bakar ialah; percepatan, RPM, beban kerja, dan brake horsepower mesin. Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh kondisi jalan angkut terhadap konsumsi bahan bakar alat angkut. Setelah dilakukan perhitungan, diketahui bahwa perbaikan rolling resistance dan grade resistance dapat mengurangi konsumsi bahan bakar alat angkut sebesar 15,98% pada setiap jam nya. Perhitungan teori konsumsi bahan bakar dilakukan menggunakan dua metode yaitu berdasarkan rimpul dan RPM. Diketahui bahwa konsumsi bahan bakar alat angkut berdasarkan perhitungan rimpul ialah 12,58 liter/jam, sedangkan berdasarkan RPM ialah 9,49liter/jam. Berdasarkan data dari perusahaan diketahui bahwa konsumsi bahan bakar aktual alat angkut ialah 12,15 liter/jam dengan produktivitas alat angkut sebesar 17,47 BCM/jam, maka diketahui rasio bahan bakar aktual alat angkut ialah 0,695 liter/BCM. Setelah dilakukan perbaikan efisiensi kerja dan perbaikan pada geometri jalan terdiri dari pelebaran jalan angkut dan kemiringan jalan angkut ≤8% serta amblasan jalan angkut ≤5cm atau berada pada medium severity akan menurunkan konsumsi bahan bakar dan meingkatkan produktivitas alat angkut. Berdasarkan perhitungan dengan rekomendasi tersebut, konsumsi bahan bakar menggunakan perhitungan rimpul yaitu; 10,57 liter/jam sedangkan rasio bahan bakar menjadi 0,273 liter/BCM. Kata Kunci: Perbaikan efisiensi kerja, pelebaran jalan angkut, rolling resistance, grade resistance, rpm, produktivitas, konsumsi bahan bakar dan rasio bahan bakar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:58
Last Modified: 28 Aug 2023 04:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37201

Actions (login required)

View Item View Item