EFEKTIVITAS PRODUCT PLACEMENT KOPIKO PADA DRAMA KOREA “HOMETOWN CHA CHA CHA” DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RESPONSE INDEX

Andini, Latifah Nur (2023) EFEKTIVITAS PRODUCT PLACEMENT KOPIKO PADA DRAMA KOREA “HOMETOWN CHA CHA CHA” DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RESPONSE INDEX. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Abstrak_153180054_Latifah Nur Andini.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Cover_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Cover_153180054_Latifah Nur Andini.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Daftar Isi_153180054_Latifah Nur Andini.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Daftar Pustaka_153180054_Latifah Nur Andini.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153180054_Latifah Nur Andini.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153180054_Latifah Nur Andini.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153180054_Latifah Nur Andini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Momentum gelombang Korea yang melanda Indonesia dimanfaatkan oleh Mayora
untuk mempromosikan permen Kopiko melalui product placement (PPL) pada
tayangan drama Korea "Hometown Cha Cha Cha". Meskipun dianggap mampu
menjadi alternatif di tengah penghindaran iklan, namun dalam implementasinya
pemasar dituntut untuk lebih cermat dalam menerapkan PPL agar tidak
menimbulkan respon negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
efektivitas product placement Kopiko pada drama Korea “Hometown Cha Cha
Cha” yang penting bagi perusahaan untuk melihat sejauh mana strategi tersebut
diterima oleh pasar. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
metode survey dan teknik pengambilan sampel puposive sampling. Alat ukur yang
digunakan adalah kuesioner dalam bentuk formulir daring yang disebarkan melalui
media sosial. Hasil survey menunjukkan bahwa seluruh responden memiliki
kesadaran merek Kopiko dengan 46,6% diantaranya menempatkan Kopiko sebagai
top of mind produk permen. Dari 165 responden, sebanyak 125 orang (75,8%)
responden mengerti maksud atau pesan product placement , 99 orang (79,2%)
responden tertarik pada Kopiko dalam drama, 80 orang (80,8%) responden yang
memiliki niat beli dan 64 orang (80%) responden yang bertahan hingga tahap
melakukan tindakan pembelian permen Kopiko. Berdasarkan perhitungan CRI,
product placement Kopiko efektif dengan nilai efektivitas sebesar 38,8%. Meskipun
tingkat awareness, comprehend, interest, intention, dan action responden pada
masing-masing indikator berada pada kategori tinggi, namun Kopiko kehilangan
101 respons (61,2%) dari responden untuk mencapai tahapan pembelian sehingga
pemasar disarankan dapat memaksimalkan nilai CRI dengan optimasi nilai tahapan
respons sesuai dengan faktor pendorong respons positif terbesarnya, yaitu pada
aspek visual.
Kata Kunci: Efektivitas, Product Placemenyt, Customer Response Index

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Product Placemenyt, Customer Response Index
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:36
Last Modified: 24 Aug 2023 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37130

Actions (login required)

View Item View Item