PENGARUH INTENSITAS PENGAKSESAN GAYA HIDUP KEY OPINION LEADERS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU CONSPICUOUS CONSUMPTION FOLLOWERS

Maulana, Janendra Favian (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGAKSESAN GAYA HIDUP KEY OPINION LEADERS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU CONSPICUOUS CONSUMPTION FOLLOWERS. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
1. Skripsi_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
2. Abstrak_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 3. Cover_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
3. Cover_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
5. Daftar Isi_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_Janendra Favian Maulana_153180136.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penggunaan media sosial berfungsi sebagai media komunikasi tidak langsung.
Followers (pengikut) dapat mengakses informasi yang disampaikan oleh Key
Opinion Leaders (KOL) yang dapat memengaruhi minat beli maupun gaya hidup.
Minat beli maupun gaya hidup tersebut diduga dapat memengaruhi peningkatan
perilaku conspicuous consumption. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh intensitas pengaksesan gaya hidup KOL di media sosial Instagram
terhadap perilaku conspicuous consumption followers yang berusia 18 – 24 tahun
sebagai pengguna aktif Instagram terbanyak di Indonesia. Penelitian kuantitatif ini
menggunakan indikator alat ukur Relationship Quality, Trust Transference, dan
Taste Leadership untuk variabel intensitas pengaksesan, dan Mimicry Desire,
Personal Image Representation, dan Conspicuous Consumption untuk variabel
perilaku conspicuous consumption. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan
adalah convenience sampling dengan 10 KOL sebagai parameter menggunakan
metode survei. Analisis dilakukan melalui metode Pearson’s Product Moment
Correlation Coefficient yang menunjukkan hubungan positif sebesar 0,526 yang
dinyatakan kuat, dan analisis regresi linear dengan nilai R Square=0,277 dan nilai
ttabel =1,9793<thitung=6,890 yang berarti variabel perilaku conspicuous consumption
dipengaruhi oleh variabel intensitas pengaksesan gaya hidup KOL di Instagram
sebesar 27,7% dan sisanya dipengaruhi faktor dari variabel lain. Hasil penelitian
menunjukkan adanya hubungan signifikan antara intensitas pengaksesan gaya
hidup KOL di media sosial dan perilaku conspicuous consumption yang
membuktikan relevansi teori media system dependency.
Kata Kunci: Conspicuous Consumption; Gaya Hidup; Key Opinion Leaders

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Conspicuous Consumption; Gaya Hidup; Key Opinion Leaders
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:15
Last Modified: 31 Jul 2023 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36661

Actions (login required)

View Item View Item