KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN TAMBANG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI OVERBURDEN REMOVAL PADA PENAMBANGAN BATUBARA PIT BLOK 4 PT INTI BARA PERDANA, BENGKULU

CHAMIDAH, NUR (2023) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN TAMBANG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI OVERBURDEN REMOVAL PADA PENAMBANGAN BATUBARA PIT BLOK 4 PT INTI BARA PERDANA, BENGKULU. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Inti Bara Perdana merupakan perusahaan pertambangan batubara yang
terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu. Aktivitas penambangan yang
dilakukan di perusahaan ini meliputi penggalian, pemuatan, dan pengangkutan.
Pengangkutan overburden menjadi salah satu faktor yang penting dalam mencapai
target produksi. Berdasarkan pengamatan di lapangan, produksi dalam
pengangkutan overburden belum memenuhi target. Salah satu penyebabnya adalah
kondisi jalan yang belum sesuai dengan standar.
Pada kegiatan pengangkutan overburden, jalan tambang merupakan
parameter penting untuk menunjang kinerja alat angkut. Proses pengangkutan
overburden di PT Inti Bara Perdana dilakukan menggunakan alat angkut Caterpillar
OHT 775F. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan perbaikan
geometri jalan supaya produksinya meningkat serta mengetahui pengaruh geometri
jalan terhadap produksi alat angkut.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Data primer yang
diambil meliputi waktu edar alat gali-muat, waktu edar alat angkut. Sedangkan data
sekunder yang diambil untuk dilakukan pengolahan data salah satunya adalah
geometri jalan angkut. Berdasarkan pengamatan di lapangan, lebar jalan angkut dari
front menuju disposal berkisar antara 10-26 m untuk segmen lurus dan 10-18 m
untuk segmen tikungan, sedangkan lebar jalan minimum adalah 18 m untuk jalan
lurus dan 22,5 m untuk jalan tikungan. Selain itu, kemiringan jalan yang didapatkan
bervariasi. Nilai kemiringan jalan minimum sebesar 0,19% pada semen D-E dan
nilai kemiringan jalan maksimum sebesar 14,63% pada segmen G-H. Nilai
superelevasi yang didapatkan juga bervariasi namun masih belum memenuhi
superelevasi minimum. Pada jalan angkut ini juga tidak ditemukan adanya cross
slope.
Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan produksi alat angkut aktual
pada lokasi penelitian sebesar 267,01 BCM/jam. Perbaikan produksi dilakukan
dengan memperbaiki grade jalan sesuai dengan Kepmen
ESDM No. 1827.K/30/MEM/2018 selanjutnya dilakukan simulasi rimpull hingga
didapatkan waktu edar teoritis. Setelah dilakukan perbaikan menggunakan data
teoritis, produksi alat angkut bertambah menjadi 378,09 BCM/jam. Hal ini
menunjukkan terjadi peningkatan produksi sebesar 111,08 BCM/jam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: penambangan batubara, overburden removal
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:20
Last Modified: 25 Jul 2023 07:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36557

Actions (login required)

View Item View Item