KRITIK SOSIAL BAGI GENERASI MUDA DALAM IKLAN A MILD GO A HEAD 2011 (VERSI UNJUK DIRI, MEDIA TELEVISI)

FEBRIANTO, NANDA (2012) KRITIK SOSIAL BAGI GENERASI MUDA DALAM IKLAN A MILD GO A HEAD 2011 (VERSI UNJUK DIRI, MEDIA TELEVISI). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Iklan dapat merupakan representasi dari dunia dan c ermin dari realitas. Iklan merupakan media pemasaran dan promosi, tetapi juga dapat digunakan untuk menyalurkan pesan terhadap masyarakat. Alur cerita dalam iklan dapat menawarkan nilai kritik sosial kepada khalayak yang dapat meng edukasi dalam menjalankan kehidupan. Seperti dalam iklan Sampoerna A Mild versi Unjuk Diri ini memberikan contoh dan kritik sosial kepada generasi muda dalam bentuk motivasi dalam menjalankan masa depan. Iklan Sampoerna A Mild versi Unjuk Diri mengkritisi kehidupan dan perilaku generasi muda di Indonesia s ehingga nilai-nilai kritik sosial dalam iklan Sampoerna A Mild versi Unjuk Diri ini begitu dekat baik secara verbal dan non verbal dibenak generasi muda khususnya dan khalayak pada umumnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kritik sosial, mengetahui latar belakang, dan perilaku gambaran kritik sosia l setiap indovidu dalam iklan Sampoerna A Mild versi Unjuk Diri . Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik a Roland Barthes. Melalui metode tersebut maka dipilih berbagai adegan dalam iklan Sampoerna A Mild versi Unjuk Diri , selanjutnya adegan tersebut diungkap makna denota si dan makna konotasi. Pada dasarnya dalam tubuh sebuah iklan ba nyak terdapat tanda yang harus diintrepretasikan tentunya sesuai dengan konteks ya ng menyertai setiap adegan iklan tersebut sehingga nantinya akan menghasilkan pemakn aan dan berlanjut pada pemahaman isi pesan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan enam repre sentasi nilai-nilai kritik sosial antara lain kesadaran diri, motivasi, instrospeksi diri, kepemimpinan, rasa senasib sepenanggungan dan berkomitmen. Melihat perkembanga n industri iklan saat ini diharapkan agar para biro iklan untuk lebih banyak memproduksi iklan yang memberi motivasi khalayak terutama yang mengekspose nilai-n ilai kritik sosial. ABSTRACT Advertising can be a representation of the world an d a mirror of reality. Advertising is a marketing and promotional media, but also can be used to deliver a message to the community. The story line in the ad can offer v alue to the social critique that can educate the public in the running life. As the ad Sampoerna A Mild version of this Self Performance provides an example of social criticism to the you nger generation in the form of motivation in running future. Ads Sampoerna A Mild version of the Performance Self -critiquing life and behavior of young people in In donesia so that the values of social criticism in the ad Sampoerna A Mild version of this Self Performance is so close to both verbal and non verbal to mind the younger generation in particular and public in general. Therefore this study aims to determine the significance of social criticism, knowing the backg round, and the behavior of social critique each picture in the ad indovidu Sampoerna A Mild Performance version of the Self. This study uses semiotic analysis of Roland Barthes . Through this method the various scenes in the ads selected Sampoerna A Mild Perform ance version of the Self, then the scene revealed the meaning of denotation and co nnotation meaning. Basically the body there are a lot of advertising signs must be i nterpreted within the context that accompanies each scene so that later ads will conti nue to generate meaning and understanding of the content of the message. In this study, researchers found six representation s of the values of social criticism, among others, self-awareness, motivation, introspec tion, leadership, sense of kinship sepenanggungan and committed. See the development o f advertising industry is currently expected that the advertising agency to p roduce more ads to motivate the audience, especially that expose the values of soci al criticism.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:13
Last Modified: 13 Jun 2016 07:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item