PENGARUH POC BIOURIN SAPI DAN JENIS MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

RINJANI, REGITA PUSPA and Rizal AZ, Abdul and Haryanto, Darban (2021) PENGARUH POC BIOURIN SAPI DAN JENIS MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.). Jurnal Agrivet UPNYK, 27 (2). pp. 76-93. ISSN ISSN Online: 2722-6018 ISSN Print: 1410-3796

[thumbnail of 9.pdf] Text
9.pdf - Published Version

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk organik cair biourin sapi dan jenis mulsa organik yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap yang terdiri dari dua faktor 3 x 3 ditambah dengan 1 kontrol (penggunaan pupuk kimia tanpa biourin sapi dan mulsa organik). Faktor pertama adalah dosis pupuk organik cair biourin sapi (S) terdiri dari 3 taraf yaitu S1 = 400 ml/tanaman; S2 = 500 ml/tanaman; S3 = 600 ml/tanaman. Faktor kedua adalah jenis mulsa organik (M) terdiri dari 3 taraf yaitu M1 = Jerami padi; M2 = Daun alang – alang; M3 = Batang jagung. Tanaman kontrol yaitu pemberian pupuk kimia tanpa biourin sapi dan mulsa organik. Data yang diperoleh dilakukan analisis menggunakan analisis keragaman (Anova) pada taraf 5%. Untuk mengetahui ada beda nyata antara kontrol dengan perlakuan menggunakan uji Contras Orthgonal pada taraf 5%, sedangkan untuk mengetahui ada beda nyata antar perlakuan maka dilakukan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara perlakuan pupuk organik cair biourin sapi dan mulsa organik pada parameter berat polong per tanaman panen kelima. Pupuk organik cair biourin sapi 500 ml/tanaman memberikan hasil terbaik pada semua parameter. Mulsa organik jerami padi memberikan hasil terbaik pada parameter ukuran sisi luar penampang batang, panjang daun, lebar daun, panjang polong, diameter polong, berat per polong, jumlah polong per tanaman, dan berat polong per tanaman.

Kata kunci: biourin sapi, mulsa organik, kacang panjang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: biourin sapi, mulsa organik, kacang panjang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Depositing User: Ir. MP. DARBAN HARYANTO
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:12
Last Modified: 27 Jun 2023 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36096

Actions (login required)

View Item View Item