STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA THE COOK HOUSE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP

GRESAFIRA, DIANTIA (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA THE COOK HOUSE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
1. Skripsi Full_Diantia Gresafira_152180083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
2. Abstrak_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 3. Cover_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
3. Cover_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
5. Daftar Isi_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_Diantia Gresafira_152180083.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_Diantia Gresafira_152180083.pdf

Download (149kB)

Abstract

Persaingan pasar industri katering di DIY cukup ketat. The Cook House
merupakan salah satu katering yang berada di Sleman, DIY. Dari data jumlah
followers Instagram diketahui The Cook House menempati urutan ke enam dalam
persaingannya. Selain itu, penjualan The Cook House pada 2022 mengalami
penurunan lebih banyak dan polaritas turunnya penjualan sangat tajam
dibandingkan pada 2021. Pemilihan strategi bauran pemasaran yang tepat dapat
meningkatkan penjualan dan daya saing pada The Cook House. Penelitian ini
memiliki tujuan mengetahui alternatif strategi bauran pemasaran yang sesuai
dengan kondisi lingkungan The Cook House berdasarkan metode SWOT dan
mengetahui prioritas alternatif strategi bauran pemasaran yang tepat berdasarkan
metode Analytic Network Process (ANP).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner
tertutup terhadap delapan informan yang dipilih menggunakan teknik judgemental
sampling. Sebelum melakukan penelitian, instrumen diuji terlebih dahulu dengan
triangulasi teknik dan setelah dinyatalan valid dan reliabel, maka data tersebut
dianalisis melalui tiga tahap, yaitu Tahap Input (Input Stage): Matriks IFE dan EFE,
Tahap Pencocokan (Matching Stage): Diagram SWOT dan Matriks SWOT, dan
Tahap Keputusan (Decision Stage): Analytic Network Process (ANP).
Hasil analisis diagram SWOT menyatakan bahwa posisi The Cook
House berada pada Kuadran I dengan hasil IFE sebesar 3,186 dan EFE sebesar
3,186. Dari hasil matriks SWOT diperoleh tiga alternatif strategi yang merupakan
strategi S-O (Strengths-Opportunities), yaitu strategi yang mendukung
pertumbuhan agresif seperti strategi penetrasi, strategi pengembangan pasar, dan
strategi pengembangan produk. Berdasarkan hasil Analytic Network Process
(ANP), strategi bauran pemasaran yang tepat adalah strategi pengembangan pasar
dengan affiliate marketing melalui link berisi referral code yang dapat disebarkan
melalui media sosial dan media internet untuk menjangkau pasar baru dan pasar
yang lebih luas dengan bobot normalisasi limiting matrix tertinggi 0,173077.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Bauran Pemasaran, SWOT,
Analytic Network Process (ANP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Bauran Pemasaran, SWOT, Analytic Network Process (ANP)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:18
Last Modified: 21 Jun 2023 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item