STRATEGI PEMANFAATAN SPACE IKLAN DI ALAT TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JOGJA OLEH PT ASTRA INT E RNASIONAL Tbk – H ONDA , YOGYAKARTA UNTUK MENARIK PERHATIAN MASYARAKAT

RAHMAWAN, AHADHI (2012) STRATEGI PEMANFAATAN SPACE IKLAN DI ALAT TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JOGJA OLEH PT ASTRA INT E RNASIONAL Tbk – H ONDA , YOGYAKARTA UNTUK MENARIK PERHATIAN MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK D alam perencanaan media yang akan digunakan untuk m emanfaat k an space iklan yang tersedia pada media iklan dapat berpengaruh pula pada efisiensi dan efektifitas iklan yang ditayangkan. Sebab dengan penempatan iklan pada space yang tepat akan memuda hkan khalayak untuk melihatnya kemudian iklan tersebut dapat dicerna dengan baik. Diperlukan suatu perencanaan atau strategi terlebih dahulu untuk menentukan suatu space yang akan digunakan karena space yang letaknya strategis dan mudah dilihat khalayak pa sti tarif pemasangan iklannya lebih mahal dibandingkan space yang sulit dilihat khalayak. Untuk itulah sebelum memasang iklan, pengiklan mempunyai pertimbangan tersendiri baik dari segi biaya, target iklan, media iklan maupun jumlah space yang digunakan. T ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh PT Astra Internasional Tbk - Honda Yogyakarta dalam memanfaatkan space iklan yang terdapat pada bus Trans Jogja sebagai media iklan. Serta bagaimana penerapan iklan produk sepeda motor Honda tersebut pada space yang tersedia di bus Trans Jogja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada pengamatan langsung sehingga penulis dapat memperoleh data yang relevan sesuai dengan kondisi yang sedang te rjadi. Serta penulis dapat berperan sebagai khalayak yang merupakan sasaran dari iklan produk sepeda motor Honda untuk menguji apakah penempatan iklan yang dilakukan oleh PT Astra Internasional Tbk - Honda Yogyakarta dapat menjangkau sasarannya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan space iklan oleh iklan produk sepeda motor Honda adalah pemasangan iklan pada 8 armada bus di masing - masing trayek, khusus untuk trayek yang ramai seperti 1A dan 3A pemasangan iklannya lebih banyak. Iklan t erletak pada space bagian luar armada yaitu pada bagian belakang dan samping belakang badan bus berupa gambar produk ( product shoot ) sepeda motor Honda (Scoopy dan Beat), bagian kaca depan bus berupa tulisan slogan Honda “One Heart” Sedangkan pada bagian d alam armada bus terletak pada gantungan tangan yang berjumlah 22 buah berupa tulisan slogan Honda “One Heart” dan logo Honda. Berarti strategi pemanfaatan space iklan yang dilakukan PT Astra Internasional Tbk - Honda Yogyakarta adalah pemasangan iklan pada 24 space bagian luar armada bus dan pada 176 space bagian dalam armada bus. Dengan pemanfaatan space - space iklan yang terdapat di Bus Trans Jogja diharapakan iklan dapat menjangkau masyarakat lokal secara luas maupun masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh media iklan lainnya. ABSTRACT T he media planing which will be used for exploit adverstisment space that available on advertisment media it has to influece of efficiency and effectiviti advertisment it’s carry on. Because with advertising placement on the right space wi ll make easier public to looking later the advertisment can easy digestible. Need some planning or strategy previously to decisive some space where will used because space on strategic place and easy to show on public surely the place ment price is more expensive than the other space. So before advertising placement, the advertiser have a consideration from budget, public , adverti sment media, or the quantity of the space to used. The aim of this study was to find strategy which it used from PT Astra International Tbk - Honda Yogyakarta to exploit advertisment space that available on bus Trans Jogja as a advertisment media and how applications of advertisment product motorcycle Honda on the space that available on bus Trans Jogja. The type of the study was descriptive qualitative study emphasizing on direct observation so the writter can reach a relevant data which it’s convenient with the real situation. And the writter can be acting as a public which is the target of advertisment product m otorcycle Honda to examine what the advertising placement from PT Astra International Tbk - Honda Yogyakarta can reach their target. The result of the study showed that exploit advertisment space of advertising product motorcycle Honda is advertising placeme nt at 8 bus on each route, restricted for crowded route like 1A and 3A advertising placement is much many then other route. Advertisment is sitting on the space in exterior bus is on the back and side - back bus body which it form is a text of Honda’s taglin e “One Heart” And than on the interior bus is sitting on the handle hanger which it quantity is 22 it form is a text of Honda’s tagline and Honda’s logo. It mean the strategy exploit advertisment space from PT Astra Internasional Tbk - Honda Yogyakarta is a dvertising placement on 24 bus ekterior space and 176 bus interior space. With exploit advertisment spaces on teh bus Trans Jogja it expected can reach the local public widely that they can’t reached from the other media advertisment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:35
Last Modified: 13 Jun 2016 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item