STRATEGI PEMANFAATAN SPACE IKLAN DI ALAT TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JOGJA OLEH PT ASTRA INT E RNASIONAL Tbk – H ONDA , YOGYAKARTA UNTUK MENARIK PERHATIAN MASYARAKAT

RAHMAWAN, AHADHI (2012) STRATEGI PEMANFAATAN SPACE IKLAN DI ALAT TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JOGJA OLEH PT ASTRA INT E RNASIONAL Tbk – H ONDA , YOGYAKARTA UNTUK MENARIK PERHATIAN MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
D
alam perencanaan media yang akan digunakan
untuk m
emanfaat
k
an
space
iklan yang
tersedia pada media iklan dapat berpengaruh pula pada efisiensi dan efektifitas iklan yang
ditayangkan. Sebab dengan penempatan iklan pada
space
yang tepat akan memuda
hkan
khalayak untuk melihatnya kemudian iklan tersebut dapat dicerna dengan baik. Diperlukan
suatu perencanaan atau strategi terlebih dahulu untuk menentukan suatu
space
yang akan
digunakan karena
space
yang letaknya strategis dan mudah dilihat khalayak pa
sti tarif
pemasangan iklannya lebih mahal dibandingkan
space
yang sulit
dilihat khalayak.
Untuk
itulah
sebelum memasang iklan, pengiklan mempunyai pertimbangan tersendiri baik dari segi
biaya, target iklan, media iklan maupun jumlah
space
yang digunakan.
T
ujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh PT Astra Internasional Tbk
-
Honda
Yogyakarta dalam memanfaatkan
space
iklan yang terdapat pada bus Trans Jogja sebagai
media iklan. Serta bagaimana penerapan iklan produk sepeda
motor Honda tersebut pada
space
yang tersedia di bus Trans Jogja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif yang menekankan pada pengamatan langsung sehingga penulis dapat memperoleh
data yang relevan sesuai dengan kondisi yang sedang te
rjadi. Serta penulis dapat berperan
sebagai khalayak yang merupakan
sasaran dari iklan produk sepeda motor Honda untuk
menguji apakah penempatan iklan yang dilakukan oleh PT Astra Internasional Tbk
-
Honda
Yogyakarta dapat menjangkau sasarannya.
Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa
strategi
pemanfaatan
space
iklan oleh iklan
produk
sepeda motor Honda
adalah pemasangan iklan
pada 8 armada bus di masing
-
masing trayek, khusus untuk trayek yang ramai seperti 1A dan
3A pemasangan iklannya lebih banyak. Iklan
t
erletak pada
space
bagian luar armada yaitu
pada bagian belakang dan samping belakang badan bus berupa gambar produk (
product
shoot
)
sepeda
motor Honda (Scoopy dan Beat), bagian kaca depan bus berupa tulisan slogan
Honda “One Heart” Sedangkan pada bagian d
alam armada bus terletak pada gantungan
tangan yang berjumlah 22 buah berupa tulisan slogan Honda “One Heart” dan logo Honda.
Berarti strategi pemanfaatan
space
iklan yang dilakukan PT Astra Internasional Tbk
-
Honda
Yogyakarta adalah pemasangan iklan pada
24
space
bagian luar armada bus dan pada 176
space
bagian dalam armada bus.
Dengan pemanfaatan
space
-
space
iklan yang terdapat di Bus
Trans Jogja diharapakan iklan dapat menjangkau masyarakat lokal secara luas maupun
masyarakat yang tidak dapat dijangkau
oleh media iklan lainnya.
ABSTRACT
T
he
media planing which will be used for exploit adverstisment space that available on
advertisment
media it
has
to influece of efficiency and effectiviti advertisment it’s carry on.
Because with advertising placement
on the right space wi
ll make easier public to looking
later the advertisment can easy digestible. Need some planning or strategy previously to
decisive some space where
will used because space on strategic place and easy
to show
on
public surely the place
ment price is more expensive than the other space. So before
advertising placement, the advertiser have a consideration from budget,
public
, adverti
sment
media, or the quantity of the space to used.
The aim of this study was to find strategy which it
used
from PT Astra International Tbk
-
Honda Yogyakarta to exploit advertisment space that
available on bus Trans Jogja as a advertisment media and how applications of advertisment
product motorcycle Honda on the space that available on bus Trans Jogja. The type
of the
study was descriptive qualitative
study emphasizing on direct observation so the writter can
reach a relevant data which it’s convenient with the real situation. And the writter can be
acting as a public which is the target of advertisment product m
otorcycle Honda to examine
what the advertising placement from PT Astra International Tbk
-
Honda Yogyakarta
can
reach their target.
The result of the study showed that exploit advertisment space of
advertising product motorcycle Honda is
advertising placeme
nt at 8 bus on each route,
restricted for crowded route like 1A and 3A advertising placement is much many then other
route. Advertisment is
sitting on the space in exterior bus is on the back and side
-
back bus
body which it form is a text of Honda’s taglin
e “One Heart” And than on the interior bus is
sitting on the handle hanger which it quantity is 22 it form is a text of Honda’s tagline and
Honda’s logo.
It mean the strategy exploit advertisment space from PT Astra Internasional
Tbk
-
Honda Yogyakarta is a
dvertising placement on 24 bus ekterior space and 176 bus
interior space.
With exploit advertisment spaces on teh bus Trans Jogja it expected can reach
the local public widely that they can’t reached from the other media advertisment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:35
Last Modified: 13 Jun 2016 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item