HASTUTI, SULISTYORINI WIDI (2023) DESAIN CASING MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM LOAD DENGAN PENDEKATAN SOFTWARE LANDMARK PADA SUMUR “SW-01” LAPANGAN “RINI”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Download (128kB) |
|
Text
Cover_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Download (91kB) |
|
Text
Daftar Isi_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Download (251kB) |
|
Text
Daftar Rujukan_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Download (73kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Download (178kB) |
|
Text
Skripsi Full Text_113190004_Sulistyorini Widi Hastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Sumur “SW-01” merupakan sumur directional tipe lintasan slant (J-Type) dengan
kedalamaan akhir 5638,45 ftMD/5544,61 ftTVD. Pada Sumur “SW-01” dilakukan
desain casing pemboran yang sesuai dan memenuhi syarat secara teknis dengan
tujuan untuk mencegah terjadinya problem seperti burst, collapse, dan tension yang
dapat menyebabkan meningkatnya beban internal dan eksternal pressure yang
dialami oleh casing.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yakni maximum load, dengan
memperhitungkan pembebanan yang bekerja pada casing, yakni beban burst,
collapse, tension, biaxial, dan triaxial. Perencanaan desain casing pada Sumur
“SW-01” dilakukan analisa casing setting depth berdasarkan data PPFG,
memperhitungkan kick tolerance, pemilihan grade casing, dan dilakukan metode
pendekatan untuk perencanaan casing menggunakan software Landmark.
Hasil perhitungan manual dan perhitungan dengan menggunakan software
Landmark dalam perencanaan casing, didapatkan lima trayek desain, yakni
conductor casing (0 – 164 ft) menggunakan casing X-52; 157,5 ppf, surface casing
(0 – 1476 ft) menggunakan casing K-55; 94 ppf, intermediate casing (0 – 4373 ft)
menggunakan casing K-55; 54,5 ppf, dengan nilai kick tolerance sebesar 27,03
bbls, production casing (0 – 4829 ft) menggunakan casing K-55; 40 ppf, dengan
nilai kick tolerance sebesar 37,17 bbls, dan production liner (0 – 5638 ft)
menggunakan casing K-55; 23 ppf, dengan nilai kick tolerance sebesar sebesar
72,15 bbls. Safety factor setiap trayek telah memenuhi standar API untuk ketahanan
casing yang dipilih. Pada sumur SW-01, perencanaan casing dapat menjadi acuan
dalam tahapan proses desain casing sebab diperoleh hasil yang akurat dan aman
secara teknis.
Kata kunci: casing setting depth, kick tolerance, maximum load , Landmark
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | casing setting depth, kick tolerance, maximum load , Landmark |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 07:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:08 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35981 |
Actions (login required)
View Item |