JAMUR METARHIZIUM SEBAGAI AGEN HAYATI PENGENDALI HAMA TANAMAN

Solichah, Chimayatus and Poerwanto, Mofit Eko and Wicaksono, Danar (2022) JAMUR METARHIZIUM SEBAGAI AGEN HAYATI PENGENDALI HAMA TANAMAN. Project Report. LPPM UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Monograf] Text (Monograf)
Buku Metarhizium_cover lengkap_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah terbesar dalam budidaya pertanian adalah adanya serangan hama yang dapat menurunkan hasil pertanian. Biasanya, petani menggunakan pestisida sintetik untuk mengendalikan hama tersebut, apabila penggunaannya kurang bijaksana akan berakibat buruk terhadap lingkungan, tanah dan tanaman itu sendiri, sehingga perlu dicari alternatif bahan yang lebih aman digunakan dan ramah terhadap lingkungan. Salah satunya yaitu jamur Metarhizium yang efektif mengendalikan berbagai spesies serangga hama yang hidup di atas dan di bawah permukaan tanah.
Beberapa kelebihan dari penggunaan agen hayati Metarhizium, antara lain, selektivitasnya tinggi dan tidak menimbulkan ledakan hama baru, dapat menyebar, dan pengendalian dapat berjalan dengan sendirinya. Jamur Metarhizium dapat dibiakkan pada media alternatif, misalnya jagung dan beras yang mudah didapatkan. Untuk pengendalian hama yang berada di dalam tanah, aplikasi dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan mengggunakan kompos sehingga lebih efisien waktu dan tenaga. Aplikasi untuk hama yang berada di atas permukaan tanah dapat dilakukan dengan cara melarutkan jamur Metarhizium dalam formulasi kering ke dalam air dan menyemprotkan pada hama sasaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MP CHIMAYATUS SOLICHAH
Date Deposited: 29 May 2023 05:26
Last Modified: 30 May 2023 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35703

Actions (login required)

View Item View Item