METARHIZIUM SEBAGAI AGENSIA HAYATI PENGENDALI URET

Solichah, Chimayatus and Wicaksono, Danar and Poerwanto, Mofit Eko (2021) METARHIZIUM SEBAGAI AGENSIA HAYATI PENGENDALI URET. Project Report. LPPM UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Monograf] Text (Monograf)
BUKU URET.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Uret merupakan salah satu hama yang sangat merusak di pertanaman budidaya, seperti tanaman padi, tebu, ketela pohon, bahkan pada tanaman buah-buahan. Pengendalian hama uret biasanya dilakukan secara kimiawi menggunakan pestisida, namun akhir-akhir ini bahan racun tersebut tidak efektif dalam membunuh uret. Selain itu dalam jangka panjang penggunaan pestisida berdampak negatif terhadap lingkungan.
Pada umumnya pengendalian uret sulit dilakukan karena larva hama ini mampu bersembunyi di dalam tanah dengan kedalaman tertentu, selain itu siklus hidupnya yang panjang juga menjadi kendala dalam pengendalian dengan pestisida. Salah satu upaya pengendalian yang berpotensi menekan populasi uret yaitu menggunakan jamur metarhizium. Larva mati yang terserang jamur metarhizium nantinya akan mengeras dan kaku. Pada kulit larva akan tertutup oleh tepung putih yang akan berubah warna menjadi hijau tua.
Jamur metarhizium dapat dibiakkan pada media allternatif, misalnya jagung dan beras yang mudah didapatkan. Aplikasi dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan mengggunakan kompos sehingga lebih efisien waktu dan tenaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MP CHIMAYATUS SOLICHAH
Date Deposited: 29 May 2023 05:23
Last Modified: 29 May 2023 05:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35697

Actions (login required)

View Item View Item