PENYAKIT TANAMAN JERUK CVPD SIFAT SERANGAN DAN PENGELOLAANYA

Poerwanto, Mofit Eko and Solichah, Chimayatus and ilham, Adi (2020) PENYAKIT TANAMAN JERUK CVPD SIFAT SERANGAN DAN PENGELOLAANYA. Project Report. LPPM UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Monograf] Text (Monograf)
BUKU CVPD-2020.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

CVPD, juga dikenal sebagai penyakit Huanglongbing atau greening disease, pertama kali ditemukan dan menimbulkan masalah serius di wilayah Chaozhou / Shantou di Guangdong pada pertengahan tahun 1930-an. Epidemi penyakit ditemukan di beberapa negara Asia, semenanjung Arab, di Afrika, Mauritius dan Réunion, Amerika Serikat, Kuba, dan Brasil. Penyakit tersebut menyebabkan 50 juta pohon jeruk hilang baik di Asia Selatan maupun Asia Tenggara.
Pada tahap awal pohon menunjukan gejala daun belang-belang pada satu atau beberapa cabang yang mirip dengan yang disebabkan oleh kurangnya seng. Daun menjadi lebih kecil dan pada kasus yang parah, tanaman jeruk menderita mati cabang, buah menguning prematur, buah berukuran kecil yang jatuh sebelum matang. CVPD disebabkan bakteri Gram-negatif 'Liberibacter asiaticus' dan 'Liberibacter africanus' untuk jenis Asia dan Afrika. Setelah terinfeksi, tanaman jeruk akan mati dalam dua sampai empat tahun. CVPD tidak ditularkan melalui biji, tetapi ditularkan secara alami melalui perbanyakan vegetatif dan oleh vektor serangga. 'Candidatus L. africanus' ditularkan oleh vektor serangga Tryoza erytreae sedangkan 'Candidatus L. asiaticus' dan 'Candidatus L. americanus' ditularkan oleh Diaphorina citri.
Pengendalian serangga vector CVPD menyebabkan penggunaan pestisida yang berlebihan. Sebagian besar digunakan insektisida sintetis kontak dan sistemik untuk membunuh telur, nimfa atau dewasa serangga hama, tetapi penggunaan bahan kimia ini hanya memperlambat kematian pohon jeruk yang telah terinfeksi. Strategi terpadu pengendalian CVPD dapat dikembangkan dengan aplikasi minyak mineral, tumpangsari tanaman jeruk dengan tanaman jambu biji, sanitasi tanaman inang alternatif, dan isolasi areal tanam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MP CHIMAYATUS SOLICHAH
Date Deposited: 29 May 2023 05:22
Last Modified: 29 May 2023 05:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35696

Actions (login required)

View Item View Item