PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI DENGAN METODE KANO DAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

FIRMANSYAH, MUHAMMAD DICKY (2023) PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI DENGAN METODE KANO DAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta merupakan institusi pendidikan yang berperan penting
dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara Nasional maupun Internasional.
Akreditasi sebagai indikator penilaian kualitas lembaga pendidikan diperoleh
Program Studi Teknik Industri dengan nilai B (Baik Sekali) dari BAN-PT melalui
surat keputusan. Hasil tersebut menunjukan bahwa kualitas pelayanan pendidikan
masih kurang maksimal. Perencanaan dan peningkatan mutu pelayanan perlu
dilakukan agar mencapai target yang diharapkan yaitu akreditasi Program Studi
Teknik Industri adalah A (Unggul). Peningkatan dan perencanaan strategi
perbaikan kualitas pelayanan dapat diselesaikan menggunakan metode Kano dan
metode Quality Function Deployment.
Diawali dengan menentukan jumlah sampel dan atribut pelayanan yang
dibutuhkan civitas akademika dari penyederhanaan 9 kriteria LAM-Teknik,
diperoleh 47 atribut pelayanan yang telah dikelompokan sesuai 5 dimensi kualitas
hasil penelitian terdahulu menggunakan metode Servqual. Hasil servqual penelitian
terdahulu perlu dilakukan pengkategorian atribut menggunakan metode Kano
(Attractive, One Dimensional, Must Be, Indifferent, Reverse, Questionable) dan
menentukan nilai Better and Worse bertujuan untuk menyeleksi atribut pelayanan
yang memiliki pengaruh kuat dan lemah dalam meningkatkan kepuasan civitas
akademika, sehingga dapat dilakukan perbaikan ataupun dipertahankan. Tahap
selanjutnya yaitu mengintegrasikan hasil Servqual dan metode Kano untuk
memperkuat hasil penentuan atribut pelayanan yang harus dilakukan perbaikan
serta dilakukan pengurutan. Strategi perencanaan untuk menyelesaikan
permasalahan dari atribut pelayanan dapat ditentukan menggunakan metode
Quality Function Deployment dalam bentuk House of Quality.
Hasil penelitian yatiu diperoleh 47 atribut pelayanan yang masuk kedalam
kategori One Dimensional sejumlah 31, Attractive sejumlah 2, Must Be sejumlah 7,
Indifferent sejumlah 7. Perhitungan Better and Worse menghasilkan 33 atribut
pelayanan yang perlu dilakukan perbaikan dan 14 atribut pelayanan perlu
dipertahankan. Hasil metode QFD menunjukkan 26 Technical Response yang telah
diprioritaskan dengan urutan pertama TR6 (Peningkatan dan pengadaan media
informasi seperti majalah kampus, e-learning, boardcasting, dan lain lain) dan
urutan terakhir TR12 (Penambahan refrensi e-book dan e-jurnal secara berkala
dengan mengikuti perkembangan).
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Strategi Perencanaan, Metode Kano, Quality
Function Deployment (QFD), House of Quality (HOQ).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Planning Strategy, Kano Method, Quality Function Deployment (QFD), House of Quality (HOQ).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 May 2023 04:02
Last Modified: 20 Feb 2024 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35686

Actions (login required)

View Item View Item