Similaritas Jurnal: Geologi dan Analisis Resiko Bencana Tsunami Daerah Pantai Parangtritis dan Sekitarnya, Bantul, Yogyakarta

Sihwanti, Putri Fajar and PRASONGKO, BAMBANG KUNCORO and Riswandi, Herry (2022) Similaritas Jurnal: Geologi dan Analisis Resiko Bencana Tsunami Daerah Pantai Parangtritis dan Sekitarnya, Bantul, Yogyakarta. Jurusan Teknik Geologi UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of b.2_g_J_Turnitin 9%_Ilmiah Geologi Pangea_Geologi dan Analisis Bencana Tsunami.pdf] Text
b.2_g_J_Turnitin 9%_Ilmiah Geologi Pangea_Geologi dan Analisis Bencana Tsunami.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pantai Parangtritis memiliki morfologi pantai yang landai dan tersusun oleh material lepas serta muara Sungai Opak yang dapat mengakibatkan gelombang tsunami masuk ke daratan dengan jangkauan luas. Penelitian ini dilakukan untuk melengkapi penelitian mengenai analisis risiko bencana tsunami pada daerah Parangtritis dan sekitarnya. Penelitian dilakukan dengan pemetaan dan pengamatan secara detail skala Desa dengan berbasis pendekatan pola pengaliran secara menyeluruh dan geomorfologi secara genetik. Metode penelitian yang dilakukan meliputi tiga tahap, yaitu akuisisi, analisis, dan sintesis. Pola pengaliran pada daerah penelitian subparalel, multibasinal, half radial dan terdapat muara sungai utama (Sungai Opak) yang bermuara langsung ke Samudra Hindia. Geomorfologi daerah penelitian terdiri dari lima bentuk lahan dan sembilan bentuk lahan. Stratigrafi pada daerah penelitian dari tertua ke muda yaitu satuan lava andesit Nglanggran (Miosen Awal) di atasnya diendapkan secara tidak selaras satuan batugamping Wonosari (Miosen Tengah), dan yang paling muda diendapkan endapan aluvial (Holosen). Struktur geologi pada daerah penelitian yaitu sesar mendatar kanan yang berarah utara-selatan. Analisis risiko bencana tsunami menggunakan empat faktor yaitu faktor ancaman, kerentanan, ketahanan, dan keterpaparan. Hasil dari analisis risiko bencana tsunami pada daerah penelitian diperoleh hasil desa yang memiliki tingkat risiko yang rendah terhadap bencana tsunami meliputi desa memiliki morfologi bukit yaitu Parangtritis, Seloharjo Girijati, dan Tirtosari. Desa yang memiliki tingkat risiko sedang meliputi sebagian Parangtritis dengan morfologi datar berpenghalang dan dataran aluvial. Desa yang memiliki tingkat risiko tinggi yang memiliki morfologi dataran alluvial Srigading, Tirtohrago, Donotirto, Gadinghargo, Tirtosari dan dataran Pantai Parangtritis.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr., ST.MT HERRY RISWANDI
Date Deposited: 23 May 2023 13:35
Last Modified: 23 May 2023 13:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35589

Actions (login required)

View Item View Item