KESESUAIAN SISTEM TANAM BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mayz L.) DENGAN KEDELAI (Glycine max L.) SECARA TUMPANGSARI DI LAHAN KERING

Iswara, Xena Widya and Suryawati, Ami and Nurngaini, Nurngaini and Krisamtini, Krisamtini (2021) KESESUAIAN SISTEM TANAM BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mayz L.) DENGAN KEDELAI (Glycine max L.) SECARA TUMPANGSARI DI LAHAN KERING. Agrivet, 27 (1). pp. 1-10.

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
2021_MakalahAgrivet-Kesesuaian.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Tumpangsari merupakan suatu upaya dari program intensifikasi pertanian dengan tujuan untuk memperoleh hasil produksi yang optimal dan dapat menjaga kesuburan tanah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah sistem tanam tumpangsari memiliki pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi dibanding monokultur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2020 di Trengguno Kidul, Sidorejo, Ponjong, Gunung Kidul. Percobaan menggunakan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) satu faktor yaitu sistem tanam yang di blok sebanyak 3 kali. Faktor tersebut meliputi ST1: monokultur kedelai varietas Dega 1, ST2: monokultur jagung varietas Nasa 29, ST3: monokultur jagung varietas Srikandi ungu, ST4: Tumpangsari kedelai varietas Dega 1 dengan jagung varietas Pulut Uri 1, ST5: Tumpangsari kedelai varietas Dega 1 dengan jagung varietas Nasa 29, ST6: Tumpangsari kedelai varietas Dega 1 dengan jagung varietas Pulut Uri 1, ST7: Tumpangsari kedelai varietas Dega 1 dengan jagung varietas Srikandi Ungu. Data pengamatan dianalisis menggunakan Sidik Ragam pada taraf 5% menggunakan aplikasi SAS (Statistical Analysis System). Untuk mengetahui perbedaan rata rata perlakuan digunakan Uji Jarak Berganda Ducan (DMRT) pada taraf jenjang nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukan pada tanaman kedelai sistem tanam monokultur memiliki pertumbuhan dan hasil lebih tinggi dibandingkan tumpangsari, sedangkan pada tanaman jagung varietas Pulut Uri dan Nasa 29 sistem tumpangsari dan monokultur memiliki pertumbuhan dan hasil sama. Kombinasi tumpangsari varietas jagung Srikandi ungu degan Kedelai Dega mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman.
Kata kunci: Kedelai, Jagung, Tumpangsari, Varietas

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MP AMI SURYAWATI
Date Deposited: 29 May 2023 02:11
Last Modified: 29 May 2023 02:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35545

Actions (login required)

View Item View Item