APPLICATION OF NATURAL PLANT GROWTH REGULATOR AND COW BIOURINE ON GROWTH AND YIELD OF SHALLOT IN RAINY SEASON (Allium cepa L.)

Sutoto, Supono Budi and Suryawati, Ami and Lagiman, Lagiman (2021) APPLICATION OF NATURAL PLANT GROWTH REGULATOR AND COW BIOURINE ON GROWTH AND YIELD OF SHALLOT IN RAINY SEASON (Allium cepa L.). Agrivet, 27 (1). pp. 29-38.

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
2021_MakalahAgrivet-Biourin.pdf - Published Version

Download (210kB)

Abstract

Salah satu inovasi untuk mengurangi serangan penyakit di musim penghujan dan penggunaan pupuk kimia dalam meningkatkan produktivitas bawang merah yaitu dengan menggunakan varitas berumur pendek dan zat pengatur tumbuh alami ekstrak jagung manis muda, ekstrak air kelapa, dan ekstrak batang pisang serta pemberian biourin sapi. Tujuan penelitian adalah membandingkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah dengan perlakuan pupuk kimia dan kombinasi zat pengatur tumbuh alami plus biourin sapi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 sampai Januari 2020 di Temon Wetan, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap, yang terdiri dari dua faktor ditambah satu kontrol (pupuk kimia). Faktor pertama adalah zat pengatur tumbuh alami: ekstrak jagung manis muda, ekstrak batang pisang dan ekstrak air kelapa. Faktor kedua adalah konsentrasi biourin sapi: 25%, 50%, dan 75%. Data dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf 5%, Contras Orthogonal pada taraf 5% dan Uji DMRT dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol dengan kombinasi perlakuan tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Jenis perlakuan zat pengatur tumbuh alami dan konsentrasi biourin sapi memberikan pertumbuhan dan hasil bawang merah yang sama.
Kata kunci: Bawang Merah, Zat Pengatur Tumbuh Alami, Biourin Sapi

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MP AMI SURYAWATI
Date Deposited: 26 May 2023 08:28
Last Modified: 26 May 2023 08:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35536

Actions (login required)

View Item View Item