DAYA SIMPAN BENIH ,JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) DAN PERBAIKAN MUTU BENIH DENGAN PRIMING

Suryawati, Ami and Irawati, Endah Budi (2009) DAYA SIMPAN BENIH ,JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) DAN PERBAIKAN MUTU BENIH DENGAN PRIMING. In: Hasil Penelitian Dosen Kopertis wilayah V, September 2009, Kopertis Wilayah VYogyakarta.

[thumbnail of Prosiding] Text (Prosiding)
2009_prosiding dosen kopertis_ami_fp.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pcnelitian bertujuan untuk (1) mendapatkan daya slmpan benih jarak pada berbagai kondisi ruang simpan, (2) mendapatkan metode priming yang paling baik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Benih Jurusan Agronomi Fakultas Pertanlan UPN "Veteran" Yogyakarta.Penelitian ini meliputi 2 percobaan.Percobaan I dan II menggunakan metode percobaan
laboratoriurn yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap RAL dengan dua faktor. Faktor pertama percobaan I adalah kondisi ruang simpan dengan 2 aras: ruang AC (suhu 21C,RH 70%)dan ruang kamar (suhu 30C, RH 90%). Faktor kedua adalah lama simpan (L) dengan 3 aras: lama simpan 1,3 dan 5 bulan; ditambah I kontrol yaitu benihjarak yang tidak disimpan,
diulang 4 kali. Percobaan II menggunakan benih hasil perlakuan percobaan I. Faktor pertama adalah kondisi penyimpanan dengan 6 aras: ruang kamar, selama 1,2 dan 3 bulan simpan;serta ruang AC selama 1,3 dan 5 bulan simpan. Faktor kedua adalah perlakuan benih/priming benih meliputi 4 aras: tanpa priming; mcnggunakan PEG-6000 30%,KNO3 10 g/l dan abu gosok; ditambah I kontrol yaitu benih jarak yang tidak disimpan dan tidak di priming, diulang 3 kaJi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan mutu benih dimulai setelah 3 bulan pada benih jarak yang disimpan dalam ruang AC (percobaan I) dan setelah 1 bulan pada benih yang disimpan dalarn ruang kamar (percobaan II). Percobaan II menunjukkan bahwa perlakuan KNO3 dapat meningkatkan daya kecambah dibanding abu gosok pada perlakuan penyimpanan di ruang AC dan kamar selama 1 bulan.
Kata kunei: Daya simpan, benih jarak pagar, priming

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MP AMI SURYAWATI
Date Deposited: 19 May 2023 06:15
Last Modified: 19 May 2023 06:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35503

Actions (login required)

View Item View Item