Pemetaan Risiko Bencana Gunungapi Merapi Sebuah "Jejak Langkah" Pembelajaran

Paripurno, Eko Teguh (2009) Pemetaan Risiko Bencana Gunungapi Merapi Sebuah "Jejak Langkah" Pembelajaran. PSMB UPN VETERAN YOGYAKRTA DAN OXFAM GB INDONESIA, Yogayakarta. ISBN 979-158-351-X

[thumbnail of 17. pemetaan risiko gunung api.pdf] Text
17. pemetaan risiko gunung api.pdf

Download (1MB)

Abstract


Saat dokumen ini sedang disiapkan, berbagai pihak telah mencoba untuk menyusun pemetaan risiko bencana. Belum adanya standarisasi dalam metode penyusunan peta risiko menyebabkan setiap lembaga atau institusi memiliki metode yang berbeda.

Beberapa perguruan tinggi secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama telah menyusun peta risiko bencana dengan menggunakan kriteria yang berbeda, namun masih menggunakan peta dasar yang sama, yaitu Peta RBI Bakosurtanal. Bappenas juga sedang melakukan menyusun Peta Risiko Bahaya Gunungapi sebagai alat untuk perencanaan pembangunan daerah1. Bappenas juga sedang mempersiapkan Peta Risiko Bencana Gunungapi yang merupakan hasil tumpang susun atau penggabungan antara Peta Bahaya (Hazard Map) Gunungapi dan Peta Kerentanan (Vulnerability Map) Gunungapi. Peta ini merupakan pelengkap bagi perencanaan pembangunan daerah.2 Tim Penyusun Pedoman Analisis Risiko Bencana Alam (PARBA) juga menyelesaikan mandat yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pusat Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung telah menyusun metodologi pemetaan risiko bencana sederhana,

yang mudah digunakan oleh para pembuat kebijakan 3. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi bekerjasama dengan BGR Jerman sedang mempersiapkan Peta Risiko Bencana untuk jenis ancaman letusan gunungapi" dan gerakan tanah.
Dalam konteks Gunungapi Merapi, selama tahun 2007 - 2008, serangkaian pertemuan pembelajaran di tingkat komunitas, pertemuan di tingkat kabupaten dan antar kabupaten guna menyusun Peta Risiko Bencana G. Merapi telah dilakukan oleh Forum Merapi dan para pemangku kepentingan lainnya. Dokumen ini merupakan "Jejak Langkah" pembelajaran para pemangku kepentingan dalam menyusun Peta Risiko bencana G. Merapi. Pola partisipatif dalam penyusunan dokumen ini ditunjukkan denganpembobotan dalam setiap indikator bukan hanya ditentukan berdasarkan pertimbangan ilmiah, tetapi juga mempertimbangkan "local common sense". Kalaupun pada akhirnya peta-peta dalam dokumen ini berbeda, setidaknya pembelajaran telah dilakukan.

Item Type: Book
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MT EKO TEGUH PARIPURNO
Date Deposited: 17 May 2023 06:33
Last Modified: 17 May 2023 06:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35381

Actions (login required)

View Item View Item