Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana

Paripurno, Eko Teguh (2018) Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana. Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana (FPT PRB), Jakarta. ISBN 978-602-52456-0-2 (In Press)

[thumbnail of 11.Pedoman-KKN-tematik-PRB-final-draft-Sep2018.pdf] Text
11.Pedoman-KKN-tematik-PRB-final-draft-Sep2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan ridho-Nya Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana (KKN PRB) dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
KKN merupakan salah satu model penerapan pendidikan perguruan tinggi. Tujuan dari KKN bagi mahasiswa adalah agar mahasiswa hidup bersama dengan masyarakat, membantu dan mendampingi masyarakat, menggali potensi sumberdaya manusia dan sumber daya alam untuk mengatasi permasalahan masyarakat. Kegiatan KKN PRB ditujukan guna membantu masyarakat mengurangi dampak bencana serta memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya pencegahan dan pengurangan risiko bencana pada lokasi yang berpotensi bencana. Dengan disusunnya Pedoman KKN PRB ini, harapannya dapat digunakan oleh perguruan tinggi penyelenggara KKN, mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan untuk mengaplikasikan KKN PRB secara sistematis dan integrasi bersama masyarakat.
Untuk mendukung penyelenggaraan KKN PRB ini, disusun Buku Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Penyusunan buku pedoman ini merupakan bagian dari kegiatan “Penguatan Kapasitas Perguruan Tinggi dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di delapan (8) Provinsi, yaitu Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Barat”, kerjasama antara Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana (FPT PRB) melalui manajemen Pusat Penelitian Mitigasi Bencana (PPMB) ITB dengan Mercy Corps Indonesia didukung oleh USAID.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Mercy Corps Indonesia dan USAID, atas dukungan dan kerjasamanya dalam penyusunan Pedoman KKN PRB ini

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MT EKO TEGUH PARIPURNO
Date Deposited: 17 May 2023 04:47
Last Modified: 17 May 2023 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35373

Actions (login required)

View Item View Item