Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19

Eny Endah Pujiastuti, Eny and Hastho Joko Nur Utomo, Hastho and Noverika Hidayati, Noverika (2022) Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19. Faculty of Administrative Sciences - Dr. University. Soetomo Surabaya, Indonesia. (Unpublished)

[thumbnail of Hasil uji plagiasi Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19] Text (Hasil uji plagiasi Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19)
Pengaruh Tourist Motivation dan Tourist Attraction terhadap Tourist Satisfaction serta Dampaknya pada Tourist Benefit di Masa Pandemi Covid 19 - Sinta 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata merupakan destinasi yang unik karena selain memiliki daya tarik alam, juga kehidupan masyarakat dan interaksinya menjadi kekhasan tersendiri dan masih original. Kekhasan ini menjadikan desa wisata satu dengan yang lain memiliki perbedaan yang tidak bisa ditiru. Desa wisata saat pandemic covid 19 menjadi salah satu alternative destinasi di luar ruang yang aman dalam hal rekreasi dan kesehatan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui pengaruh signifikan Tourist Motivation terhadap Tourist Satisfaction. 2). Apakah Tourist Attraction berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction. 3). untuk mengetahui pengaruh signifikan Tourist Motivation terhadap Tourist Benefit. 4). untuk mengetahui pengaruh signifikan Tourist Satisfaction terhadap Tourist Benefit. Penelitian ini dilakukan Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Adapun sampel dalam peneliti adalah wisatawan sudah pernah berkunjung di Desa Wisata Nglanggeran. Jumlah wisatawan yang menjadi sampel sebanyak 128 orang. Penyebaran kuesioner dalam bentuk google form dengan cara mengirimkan link kuesioner ke social media seperti Story whatsapp, serta menaruh link kueisoner pada bio Instagram dan story instagram, dan membagikan link kuesioner di twitter. Teknik analisis menggunakan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan 1). Tourist Motivation berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction. 2). Tourist Attraction berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction. 3). Tourist Motivation berpengaruh signifikan terhadap Tourist Benefit. 4). Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Tourist Benefit.
Kata Kunci: Motivation, Benefit, Satisfaction, Desa Wisata Nglanggeran, pandemic covid 19

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr., M.Si Hastho Nur Utomo
Date Deposited: 15 May 2023 04:22
Last Modified: 15 May 2023 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35312

Actions (login required)

View Item View Item