EVALUASI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kusharyanti, Kusharyanti and Astuti, Sri (2015) EVALUASI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. In: Seminar Nasional, Call Paper, dan Pameran Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti RI Economic and Social, 22 Oktober 2015, LPPM UPNVYK.

[thumbnail of Evaluasi Penerapan SAK.pdf] Text
Evaluasi Penerapan SAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi praktik pencatatan/akuntansi yang digunakan UMKM dan (2) mengevaluasi penerapan SAK ETAP di UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei ke para pelaku UMKM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkait dengan penyusunan laporan keuangannya. Hasil survei adalah pelaku UMKM menyadari sangat pentingnya pencatatan dan laporan keuangan, namun mereka tidak mempunyai kemampuan/keahlian atau terbatas sumber dayanya untuk melakukan pencatatan. Pencatatan masih sangat sederhana, belum memenuhi standar akuntansi (SAK ETAP) untuk pelaporan keuangan usaha mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: SE. MSi.Ak SRI ASTUTI
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:34
Last Modified: 28 Apr 2023 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34664

Actions (login required)

View Item View Item