Analisis Pengaruh Institutional Shareholder Terhadap Kebijakan Dividen: Pendekatan Tax Based Hypothesis dan Agency Cost Based Hypothesis

Hikmah, Khoirul (2011) Analisis Pengaruh Institutional Shareholder Terhadap Kebijakan Dividen: Pendekatan Tax Based Hypothesis dan Agency Cost Based Hypothesis. In: Prosiding Semnas dan Call For Paper Membangun dan Meningkatkan Daya Saing Nasional di Era Keterbukaan Ekonomi, 16-18 November 2011, Yogyakarta.

[thumbnail of 11. CamScanner 04-09-2023 11.22-dikompresi.pdf] Text
11. CamScanner 04-09-2023 11.22-dikompresi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Keputusan dividen merupakan keputusan manajer keuangan untuk menentukan besarnya presentase laba yang akan dibagikan kepada pemegan,
saham. Kebijakan dividen mempunyai pengaruh negatif terhadap Institution
Ownership. Dari sudut pandang perusahaan, Institutional Ownership mampu
mengurangi konflik keagenan dan manajer akan mengurangi kepemilikannya,
kebijakan hutang, dan dividen. Namun dari sudut pandang pemilik (investor)
Institutional mungkin akan lebih tertarik untuk berinvestasi (memiliki) saham pada perusahaan dengan mekanisme kontrol yang ketat (tinggi) dengan dividen yang tinggi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dampak kepemilikan saham oleh lembaga (Institutional Ownership) terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2010.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder, sedangkan
sampel penelitiannya terdiri dari 45 perusahaan Manufaktur. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah Analisis Tobit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Institutional Ownership mempunyai hubungan negatif dengan dividen. Sehingga mendukung hipotesis H, yang menyatakan semakin tinggi tingkat kepemilikan lembaga, maka semakin rendah dividen payout, ini sesuai dengan teori agency cost based hypothesis Menolak hipotesis H, yang menyatakan semakin tinggi kepemilikan lembaga, maka semakin tinggi tingkat dividen payout ini tidak sesuai dengan teori tax based hypothesis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: tax based hypothesis, agency cost based hypothesis, insider ownership, institusional ownership,Capital expenditure, Dividend Yield, Dividend Pay Out Ratio.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr. SE MSi KHOIRUL HIKMAH
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:20
Last Modified: 28 Apr 2023 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item