IBW KABUPATEN SLEMAN UPAYA PENGEMBANGAN PERTANIAN UNTUK MENDUKUNG DESA WISATA DIKABUPATEN SLEMAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Herastuti, Heti and DER, Wulandari and Arumsari, Vini and Arbiwati, Dyah and Rachmadi, Harri (2015) IBW KABUPATEN SLEMAN UPAYA PENGEMBANGAN PERTANIAN UNTUK MENDUKUNG DESA WISATA DIKABUPATEN SLEMAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 10 Januari 2015, Hotel Cavinton Yogyakarta.

[thumbnail of IbW Kab Sleman_Prosd UAD.pdf] Text
IbW Kab Sleman_Prosd UAD.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pengembangan desa wisata merupakan salah satu program yang memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Sleman. Oleh karena itu Tim Pengabdian kepada Masyarakat melaui "Ipteks bagi Wilayah (IbW) Kabupaten Sleman",mengambil bagian dalam rangka mendukung program pemerintah daerah tersebut. Terbatasnya sumberdaya manusia yang ada, menyebabkan kekayaan alam di desa wisata Kadisobo II dan Brayut belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dikelola dengan baik. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) memberikan keterampilan teknologi dalam pembuatan pupuk organik untuk budidaya sayur organik; (2) memberikan keterampilan pengolahan pangan lokal untuk dijadikan kuliner desa wisata; (3) pendapatan masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan meliputi, pelatihan tentang kecakapan hidup, pelatihan keterampilan profesi, dan pendampingan alih teknologi melalui praktek pembuatan pupuk organik dan budidaya sayur organik serta praktek pembuatan olahan pangan lokal menjadi produk kuliner desa wisata. Hasil yang dicapai meliputi, (1) Terdapat peningkatan pengetahuan dan kompetensi bagi masyarakat tentang kecakapan hidup, dan keahlian pembuatan pupuk organik dan budidaya sayur organik; (2) Terdapat peningkatan kemampuan masyarakat dalam membuat olahan pangan lokal menjadi produk desa wisata; (3) Kemampuan kelompok sasaran dalam mengembangkan teknologi pupuk organik dan budidaya sayur organik serta kuliner dari bahan pangan lokal untuk dijadikan salah satu paket wisata.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pertanian, desa wisata, pemberdayaan masyarakat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MP DYAH ARBIWATI
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:15
Last Modified: 18 Apr 2023 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34633

Actions (login required)

View Item View Item