ANALISIS PENERAPAN SERTIFIKASI INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL(ISPO)DALAM USAHA KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Kebun Baru PTPN I dan Kebun Rambutan PTPN III)

RIZAL, AZHARI and Hamidah, Siti and Wuryani, Sri (2018) ANALISIS PENERAPAN SERTIFIKASI INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL(ISPO)DALAM USAHA KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Kebun Baru PTPN I dan Kebun Rambutan PTPN III). Seminar Nasional “Inovasi Pangan Lokal Untuk Mendukung Ketahanan Pangan”, - (-). p. 22. ISSN 2656-6796

[thumbnail of 701-1756-1-SM_INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL.pdf] Text
701-1756-1-SM_INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAKndonesian Sustainable Palm Oilmerupakan sistem Sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia yangmerupakan suatu produk peraturan perundangan yang digunakan untuk memastikan diterapkannya prosesbudidaya kelapa sawit secara berkelanjutan dan mendukung komitmen Republik Indonesia untuk mengurangigas rumah kaca. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis penerapan sertifikasi ISPOdi kebun baru PTPerkebunan Nusantara Idilihat dari prinsip dan kriteriaISPOdi kebun baru PT Perkebunan Nusantara I. 2)Menganalisis produktivitas tandan buah segardi kebun baru PT Perkebunan Nusantara I dan PT PerkebunanNusantara III.Metode pelaksanaan pada penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan studi kasus danuji beda t-test.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara danmenggunakan kuesioner dengan jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)tingkat penerapan sertifikasi ISPOdi kebun baru berada dalam kategori baikdengan nilai 92,79%, 2) tidakterdapat perbedaanyangsignifikan dari hasil analisisproduktivitas tandan buah segar di kebun rambutanPTPerkebunan Nusantara IIIdan kebun baruPT Perkebunan Nusantara I.
KataKunci:Sertifikasi,ISPO, Keberlanjutan, Sawit, Produktivitas,

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi,ISPO, Keberlanjutan, Sawit, Produktivitas,
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr. Ir. MP SITI HAMIDAH
Date Deposited: 16 Apr 2023 05:01
Last Modified: 16 Apr 2023 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item