MODEL PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA KUD MELALUI PENDEKATAN PERILAKU ANGGOTA

Subyantoro, Arief and Hikmah, Khoirul and Sayekti, A. Ayiek Sih (2013) MODEL PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA KUD MELALUI PENDEKATAN PERILAKU ANGGOTA. In: The Implementation of Human Resources Management Information System, 29 Oktober 2013, Semarang.

[thumbnail of 2. UNNES CamScanner 04-09-2023 10.13.pdf] Text
2. UNNES CamScanner 04-09-2023 10.13.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya partisipasi anggota KUD terhadap kemajuan kegiatan KUD. Partisipasi anggota KUD sangat ditentukan oleh faktor perilaku anggota. Partisipasi anggota KUD yang rendah akan berdampak pada kinerja KUD yang tidak baik, akibatnya manfaat yang diperoleh anggota juga rendah sehingga kesejahteraan anggota yang dalam hal ini adalah masyarakat di pedesaan juga rendah. Kabupaten Bantul dipilih sebagai obyek penelitian karena setelah gempa bumi melanda kabupaten Bantul beberapa tahun lalu, partisipasi anggota KUD semakin lemah. Bahkan hampir 50926 KUD di wilayah ini tidak aktif.
Penelitian ini menghasilkan model yang nantinya bisa digunakan untuk memajukan kegiatan KUD di daerah Bantul. Jumlah sampel 142 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Eguation Modelling) untuk melihat faktor perilaku yang mempunyai pengaruh terhadap partisipasi anggota KUD. Tehnik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan pengambilan sampel dengan judgment sampling.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Karakteristik Riwayat Hidup secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepribadian,Proses belajar secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kemampuan, Sikap secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Motivasi, Kepribadian secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi, Proses Belajar secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Komitmen Organisasi, Persepsi secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Komitmen Organisasi, Karakteristik Riwayat Hidup secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Komitmen Organisasi, Motivasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi, kemampuan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi, Komitmen Organisasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Partisipasi Anggota, Partisipasi Anggota secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manfaat Anggota anggota KUD di Kabupaten Bantul..

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perilaku anggota, Partisipasi anggota, Komitmen organisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr. SE MSi KHOIRUL HIKMAH
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:10
Last Modified: 28 Apr 2023 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item