Penggunaan Serbuk Daun Babadotan (Ageratum conyzoides L.) Dalam Mempengaruhi Perkembangan Sitophilus zeamays Motch Dan Pertumbuhan Bibit Tiga Varietas Jagung Hibrida

Solichah, Chimayatus and Nurngaini, Nurngaini (2009) Penggunaan Serbuk Daun Babadotan (Ageratum conyzoides L.) Dalam Mempengaruhi Perkembangan Sitophilus zeamays Motch Dan Pertumbuhan Bibit Tiga Varietas Jagung Hibrida. In: Kontribusi Ilmu Gulma Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, 30-31 Oktober 2009, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung.

[thumbnail of Prosiding] Text (Prosiding)
Paper Gulma_Maya-Bu Nur.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dosis serbuk daun babadotan dan varietas jagung hibrida yang paling baik dalam menekan perkembangan S. zeamays dan pertumbuhan benih tiga varietas jagung hibrida dilaksanakan dalam dua percobaan. Percobaan I dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dan percobaan II dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta pada bulan Maret sampai dengan Juni 2005.
Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan laboratorium dan di rumah kaca menggunakan rancang acak lengkap (RAL) dengan dua faktor dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor I adalah serbuk daun babadotan dengan dosis 0g, 1g, 1,5g, 2g dan 2,5g/100g benih jagung. Faktor II adalah varietas jagung hibrida yaitu Pioneer-11, Bisi-2 dan CPI-2. Data yang diperoleh dianalis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5% dan diuji lanjut dengan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan dosis serbuk babadotan berpengaruh terhadap mortalitas S. zeamays, pertumbuhan populasi S. zeamays, tingkat kerusakan benih, daya kecambah, indeks vigor dan bobot kering kecambah. Dosis serbuk babadotan 2,5g dan varietas jagung hibrida Bisi-2 paling baik dalam meningkatkan mortalitas S. zeamays pada 1 dan 2 hsp. Dosis serbuk babadotan 2,5g memberikan jumlah daun dan bobot kering akar yang tinggi. Varietas jagung hibrida Bisi-2 memberikan bobot kering akar dan bobot kering tanaman tertingggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MP CHIMAYATUS SOLICHAH
Date Deposited: 03 May 2023 04:43
Last Modified: 03 May 2023 04:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34567

Actions (login required)

View Item View Item