PENINGKATAN KINERJA SISTEM INFORMASI PADA JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UPN “V” YOGYAKARTA DENGAN MENERAPKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Sadi, Sadi and Lucitasari, Dyah Rachmawati and Muhsin, Ahmad (2017) PENINGKATAN KINERJA SISTEM INFORMASI PADA JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UPN “V” YOGYAKARTA DENGAN MENERAPKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. In: Seminar Nasional tahun ke 3, call for paper dan Pameran Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, October 2017, LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding SemNas tahun ke-3 (Oktober 2017)_SISTEM INFORMASI.pdf] Text
Prosiding SemNas tahun ke-3 (Oktober 2017)_SISTEM INFORMASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Saat ini Jurusan Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan jurusan yang masih menerapkan sistem pencatatan manual dalam mengelola laporan yang berkaitan dengan kerja praktik dn tugas akhir yang dirasa kurang efektif dan efisien. Hal ini menimbulkan kesulitan dalam pengelolaandan rawan kesalahan dalam proses administrasi, selain pemborosan dalam waktu dan pengadaan ATK. Permasalahan tersebut dikarenakan belum tersedianya sebuah sistem informasi yang mampu mengelola laporan yang berkaitan dengan kerja praktik dan tugas akhir secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing user.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) dalam membangun dan mengembangkan sebuah sistem informasi. Salah satu metode yang dikembangkan oleh SDLC adalah model waterfall yang memiliki kualitas sistem yang baik karena proses pembuatan dilakukan secara bertahap dan terorganisir dari mulai analisa sampai pemeliharaan sistem sehingga aplikasi yang akan dihasilkan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi Akademik Tugas Akhir dan Kerja Praktek untuk Jurusan Teknik Industri dapat beroperasi dan mampu mengefektifkan dan mengefisienkan kinerja pengelolaan administrasi TA dan KP.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MT DYAH RACHMAWATI LUCITASARI
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:01
Last Modified: 13 Apr 2023 04:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item