Otomasi Sistem Pengolahan Air

Nursubiyantoro, Eko and Ismianti, Ismianti and Wibowo, Astrid Wahyu Adventri (2020) Otomasi Sistem Pengolahan Air. Otomasi, 1 (1). LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. ISBN 978-623-7840-15-2

[thumbnail of Buku Otomasi Sistem Pengolahan Air.pdf] Text
Buku Otomasi Sistem Pengolahan Air.pdf

Download (5MB)

Abstract

Air merupakan senyawa kimia paling berlimpah di alam, namun seiring dengan perkembangan taraf hidup manusia maka kebutuhan air pun meningkat. Pada kondisi lain resapan air yang menjadi sumber air banyak berkurang karena berbagai kebutuhan perumahan, perkantoran, dan industri tanpa mempedulikan fungsi sebagai simpanan air masa depan. Kelangkaan air dapat menyebabkan terganggunya kehidupan makhluk, dibeberapa daerah di dunia terdapat daerah daerah yang mengalami kelangkaan air bersih.
Pengembangkan teknologi pengolahan air minum di Dusun Temuireng, Desa Girisuko, Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 269 kepala keluarga. Rata-rata 4 jiwa setiap kepala keluarga, sehingga kurang lebih 1076 jiwa kebutuhan airnya harus dipenuhi. Penelitian yang dikembangkan oleh Sugiarto dan Suharwanto telah berhasil memenuhi kebutuhan air tersebut dengan pembangunan SPAM Temuireng yang telah di resmikan oleh Kemristek Dikti. Mekanisme SPAM tersebut saat ini khususnya pada proses pengolahan air masih menggunakan kerja semi manual, sehingga peran tenaga kerja masih dominan diperlukan untuk menjalankannya. Hasil penelitian dapat diimplementasikan pada SPAM Temuireng, agar sistem pengolahan air dapat terotomasi dengan beban pekerjaan yang operator lebih ringan dan tersruktur dengan baik.

Item Type: Book
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: EKO NURSUBIYANTORO -
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:52
Last Modified: 12 Apr 2023 12:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34492

Actions (login required)

View Item View Item