SIMULASI PEMODELAN TINGKAT KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nuryadin, Didi SIMULASI PEMODELAN TINGKAT KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. In: Sistem Dinamik untuk Pembangunan Berkelanjutan. Asosiasi Ahli Sistem Dinamik Indonesia.

[thumbnail of Artikel Sysdyn Kemacetan - Didi Nuryadin.xml] Text
Artikel Sysdyn Kemacetan - Didi Nuryadin.xml - Published Version

Download (747kB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki karakteristik sebagai daerah cepat maju dan cepat tumbuh (Putra, Taqyuddin, & Kuswantoro, 2018). Pembangunan Kota Yogyakarta yang semakin meningkat dan intensif terutama infrastruktur pariwisata mendorong peningkatan aktivitas masyarakat dan wisatawan di Kota Yogyakarta. Hal ini secara tidak langsung akan berkontribusi pada tingkat kepadatan penduduk Kota Yogyakarta.
Kepadatan penduduk adalah variabel penting sebagai indikator untuk perencanaan kota. Kenaikan kepadatan penduduk cenderung menurunkan kualitas hidup dan karenanya mengurangi keberlanjutan kota. Kenaikan populasi alami maupun pendatang berdampak terhadap banyak hal, salah satunya adalah kemacetan. Kenaikan jumlah kendaraan akan menyebabkan kepadatan lalu lintas. Kehadiran banyak hotel baru di Kota Yogyakarta juga berdampak terhadap kepadatan lalu lintas atau bahkan kemacetan pada ruas-ruas jalan tertentu.
Transportasi adalah masalah penting dan memainkan peran kunci dalam pembangunan perkotaan yang efisien. Studi ini menggabungkan dua indikator keberlanjutan untuk subsistem transportasi yakni jumlah kendaraan pribadi dan angkutan umum. Angkutan umum didefinisikan sebagai jumlah kendaraan umum yang ada di Kota Yogyakarta.
Kondisi jalan yang sudah tidak mendukung lalu lintas transportasi semakin diperparah dengan penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir daerah perdagangan dan pedagang kaki lima. Di samping itu, tercampurnya berbagai jenis kendaraan yang ada, baik kendaraan bermotor maupun kendaraan tak bermotor seperti sepeda, becak dan andong. Situasi tersebut menyebabkan kepadatan lalu lintas dan permasalahan umum yang sering terlihat adalah kemacetan pada jam-jam puncak kegiatan. Kemacetan berkaitan erat dengan volume, kecepatan dan kepadatan. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk memproyeksikan kondisi lalu lintas di Kota Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan system dynamics.

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr., MSi DIDI NURYADIN
Date Deposited: 10 Apr 2023 08:30
Last Modified: 10 Apr 2023 08:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item View Item