OTOMASI SISTEM PENGOLAHAN AIR DALAM UPAYA OPTIMALISASI SPAM TEMUIRENG GIRISUKO, PANGGANG, GUNUNGKIDUL, DIY

Nursubiyantoro, Eko and Ismianti, Ismianti and Wibowo, Astrid Wahyu Adventri (2020) OTOMASI SISTEM PENGOLAHAN AIR DALAM UPAYA OPTIMALISASI SPAM TEMUIRENG GIRISUKO, PANGGANG, GUNUNGKIDUL, DIY. Other. LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of Litlppm2020_Otomasi sistem pengolahan air.pdf] Text
Litlppm2020_Otomasi sistem pengolahan air.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daerah Gunungkidul merupakan daerah dengan topografi karst yang terbentuk dari proses pelarutan batu gamping. Air hujan yang jatuh di permukaan akan langsung meresap kedalam tanah dan membentuk sungai-sungai bawah tanah, sehingga menyebabkan sulitnya mendapatkan air bersih di permukaan terutama pada musim kemarau. Karakteristik batuan karst yang unik, ketersediaan air bawah tanah sangat berlimpah dengan kualitas air yang baik di musim kemarau dan berangsur menurun di musim penghujan. Penelitian dan pengembangan otomasi sistem proses pengolahan air minum secara terintegrasi untuk diimplementasikan pada SPAM Temu Ireng agar dapat terotomasi, beban operator lebih ringan dan terstruktur dengan baik serta memperoleh kualitas air minum yang lebih baik.
Kualitas sumber air yang belum memenuhi standar baku merupakan alasan utama adanya sistem pengolahan air. Sistem pengolahan air bisa dilakukan dengan berbagai metode sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sumber air. Salah satu sistem pengolahan air yang dikembangkan di Gunung Kidul untuk mengurangi bakteri E-coli, bahan organik (parameter coliform) serta bahan anorganik (parameter TDS) adalah dengan proses pengendapan, saringan pasir lambat, dan distilasi percik tenaga surya. Penelitian ini dimulai dengan langkah mendesain konsep produk, kemudian desain produk dan desain otomasi SPAM Temu Ireng. Karakteristik sistem untuk mengenali sistem yang diteliti, merancang dan mengaplikasikan otomasi prototipe, menguji dan menanalisis sistem otomasi merupakan langkah penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengujian sistem maka diperoleh data untuk kandungan rata-rata dari residu tersuspensi (TSS)= 8,7 mg/l, residu terlarut (TDS)= 160,5 mg/l, kesadahan 64 mg/l, oksigen terlarut (DO) = 7,5 mg/l, kekeruhan= 0,4 NTU dan total koliform nihil. Dari perolehan data tersebut menunjukkan adanya perbaikan kualitas air olahan dibandingkan sistem sebelumnya. Perbaikan sistem dengan prototipe otomasi SPAM Temuireng, diperoleh dengan hasil yang lebih baik, biaya operasi dapat dikurangi, jumlah operator dan pekerjaan rutin SPAM dapat diminimalkan, kualitas dan kuantitas air produk dapat ditingkatkan.

Kata kunci: kebutuhan air, sistem pengolahan air minum, otomasi, kualitas

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: EKO NURSUBIYANTORO -
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:08
Last Modified: 10 Apr 2023 12:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item