Pemodelan dan Simulasi Berbasis Agent Based Modelling and Simulation (ABMS) untuk Mengetahui Penyebaran Covid-19 Berdasarkan Perilaku Manusia

Nursubiyantoro, Eko and Ismianti, Ismianti and Wibowo, Astrid Wahyu Adventri (2020) Pemodelan dan Simulasi Berbasis Agent Based Modelling and Simulation (ABMS) untuk Mengetahui Penyebaran Covid-19 Berdasarkan Perilaku Manusia. Other. LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of LitDasar2020_ENS_Pemodelan dan Simulasi.pdf] Text
LitDasar2020_ENS_Pemodelan dan Simulasi.pdf

Download (828kB)

Abstract

Di awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan munculnya penyakit menular Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Kecepatan penyebaran virus berbeda-beda di berbagai wilayah atau negara bergantung pada berbagai faktor seperti lingkungan, perilaku manusia, dan kebijakan pemerintah. Banyak penelitian telah dilakukan untuk memprediksi penyebaran COVID-19. Penelitian yang telah dilakukan biasanya untuk mengetahui kecepatan, puncak, dan prediksi penyelesaian pandemi ini. Namun, penelitian tentang penyebaran COVID-19 dengan pendekatan perilaku individu yang berbeda masih sangat terbatas. Pemodelan dengan perilaku individu yang berbeda dalam penyebaran COVID-19 dapat memberikan hasil yang lebih realistis.

Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara perilaku individu dengan penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan menggunakan Agent-Based Modeling and Simulation, dimana pemodelan ini menekankan pengaruh perilaku individu terhadap penyebaran COVID-19. Perangkat lunak yang digunakan dalam pemodelan ini adalah Netlogo 6.0. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari 65 responden yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia dan data sekunder dari Satgas Covid-19, website pemerintah maupun sumber lainnya. Penelitian ini menyajikan simulasi dan informasi tentang berbagai kondisi penyebaran COVID-19 akibat perbedaan perilaku individu. Dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan protokol kesehatan oleh masing-masing individu dan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah berdampak pada penyebaran COVID-19.

Kata kunci : aget-based, covid-19, model, penyebaran, simulasi

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: EKO NURSUBIYANTORO -
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:06
Last Modified: 10 Apr 2023 12:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34394

Actions (login required)

View Item View Item