JEJAK KARBON pengelolaan sampah di tps 3r, kalurahan kasih, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta

HKI (2022) JEJAK KARBON pengelolaan sampah di tps 3r, kalurahan kasih, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta. EC00202254115.

[thumbnail of Poster Ilmiah JEJAK KARBON pengelolaan sampah di tps 3r, kalurahan kasih, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta] Image (Poster Ilmiah JEJAK KARBON pengelolaan sampah di tps 3r, kalurahan kasih, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta)
Poster HKI.pdf - Published Version

Download (183kB)

Abstract

Sistem pengelolaan sampah di Indonesia secara dominan masih bergantung pada satu metode penanganan, yaitu kumpul-angkut-buang atau end- of-pipe, suatu cara penanganan sampah yang mengandalkan pembuangan sampah di tempat
pemrosesan akhir (TPA).

Sesuai dengan UU No.8 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah Indonesia, dimana pemerintah daerah wajib menetapkan target pengurangan sampah untuk meningkatkan kualitas lingkungan (Pasal 4, Pasal 6, dan Pasal 20), strategi peningkatan fungsi TPS menjadi tempat pengolahan sampah untuk mereduksi jejak karbon dan mengurangi beban TPA.

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jejak karbon pengolahan sampah yang dilakukan di TPS Reduce, Reuse, Recycle (3R) Kasih Bantul D.I Yogyakarta. Terutama untuk mengetahui jejak karbon pengolahan sampah di TPS 3R Kasih pada saat ini dan beberapa skenario pengolahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan sampah.

Item Type: Patent
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.T, M.Sc Titi Tiara Anasstasia
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:56
Last Modified: 26 Sep 2023 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34372

Actions (login required)

View Item View Item