Kajian Pengembangan Sorgum Manis melalui Hilirisasi Cluster Industri di Wilayah Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Nurcholis, Muhammad and Puspitaningrum, Dwi Aulia (2019) Kajian Pengembangan Sorgum Manis melalui Hilirisasi Cluster Industri di Wilayah Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Technical Report. Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Penelitian Terapan Sorgum hilirisasi 2019.pdf] Text
Penelitian Terapan Sorgum hilirisasi 2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem hilirisasi pengembangan dan pemanfaatan sorgum manis di kawasan Kecamatan Pleret Bantul DIY; Mengkaji peningkatan pengetahuan SDM dalam mengelola kelembagaan berbasis produk sorgum; Mengkaji berbagai produk derivatif sorgum dan menghitung kelayakan usaha industi sorgum manis berbasis nilai added value. jenis dan Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hilirisasi sorgum di areal zona sesar kali opak kecamatan Pleret menunjukkan potensi yang positif , dilihat dari kesesuaian lahan masuk dalam kelas S2 dan cukup sesuai dengan faktor pembatas retensi hara, temperatur, dan bahaya erosi yang sesuai bagi sorgum. Sorgum potensial sebagai sumber pangan fungsional dengan kandungan antioksidan, mineral Fe ,serrat pangan, asam amino termasuk komponen non-starch polysakarida (NSP). kajian secara ekonomis dan finansial menunjukkan usaha holirisasi sorgum dan produk turunannya menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Diharapkan sorgum bisa sebagai produk substitusi pangan beras.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr. SP. MP DWI AULIA PUSPITANINGRUM
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:24
Last Modified: 20 Jun 2023 07:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34359

Actions (login required)

View Item View Item