Persistensi Herbisida Oxyflourfen Dan Metolachlor Dengan Metode Hayati Pada Tanah Yang Diberi Pupuk Kotoran Sapi

Rizal AZ, Abdul (2007) Persistensi Herbisida Oxyflourfen Dan Metolachlor Dengan Metode Hayati Pada Tanah Yang Diberi Pupuk Kotoran Sapi. In: prosiding Kongres Nasional IX Himpunan Ilmu TYanah Indonesia, 5-7 Desember 2007, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Persistenso oxyflorfen.pdf] Text
Persistenso oxyflorfen.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian rumah kaca dengan tujuan menentukan pola persistensi dan persistensi herbisida oxyfluorfen dan metolachlor dengan metode hayati pada tanah yang diberi pupuk organik kotoran sapi,dilaksanakan di Pusat Penelitian dan Pengembangan PT Syngenta Kabupaten Karawang,Propinsi Jawa Barat, dimulai bulan Juli sampai dengan Oktober 2006.
Percobaan trifaktor, dilaksanakan dengan menggunakan rancangan petak-petak-terbagi dalam rancangan dasar acak kelompok lengkap. Sebagai faktor petak utama adalah bahan organik, terdiri dari empat taraf, yaitu Bo : Tanpa bahan organic,B1:Pupuk kotoran sapi. Sebagai faktor anak faktor anak anak-petak adalah dosis herbisida, terdiri dari empat taraf, yaitu: DO:Tanpa herbisida (Dosis 0 kg ha-1 b.a.), D1:Dosis 1 kg ha-1 b.a., D2:Dosis 2 kg ha-1 b.a.,D3:Dosis 3 kg ha-1 b.a. Konsentrasi herbisida yang ditentukan adalah tanah pada lahan pertanaman kedelai, pada 0, 30,60 dan 90 hari setelah aplikasi herbisida,periode 10 harian dengan cara hayati menggunakan tanaman indikator.Pendekatan model yang digunakan adalah model kinetika ordo pertama.
Pola degradasi herbisida oxyflourfen dan metolachlor mengikuti pola eksponensial orde kinetika pertama. Semakin tinggi dosis aplikasi, semakin rendah laju degradasi dan semakin lama persistensi dari herbisida. Uji persistensi secara hayati menunjukkan bahwa waktu paruh herbisida metolachlor pada tanah tanpa bahan organik adalah sebesar 5.69 dan pada pemberian pupuk kotoran sapi 6,43 hari, sedangkan untuk herbisida oxyfluorfen pada tanah tanpa bahan organik 5,73 hari,dan pemberian pupuk kotoran sapi 6,42

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: persistensi, motolachlor,oxyfluorfen, hayati
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MP ABDUL RIZAL
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:22
Last Modified: 18 Apr 2023 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34355

Actions (login required)

View Item View Item